Tau nggak Kids, demam itu merupakan suatu gejala penyakit, lho! Nah, ketika suhu badan kamu naik karena demam, biasanya Mama atau Papa mengukurnya menggunakan termometer. Seperti apa sih cara kerja termometer itu? Yuk, simak percobaan berikut!

Alat & Bahan:

  • Botol plastik dengan tutup yang telah dilubangi
  • Pewarna merah yang berbentuk cair
  • Sedotan yang berwarna bening (sedotan air mineral)
  • Gelas plastik
  • Pengaduk
  • Air secukupnya

Langkah Percobaan:

1. Isi gelas plastik dengan air. Kemudian masukkan pewarna merah, aduk hingga rata.

2. Tuang campuran air dengan pewarna merah, ke dalam botol plastik, hingga ¼ botol. Kemudian tutup botol dengan tutup yang telah dilubangi.

3.Masukkan sedotan ke dalam lubang tutup botol, pastikan sedotan tercelup ke dalam air. Jika ada celah antara sedotan dan lubang pada tutup botol, tutuplah dengan lilin mainan. Pastikan juga tutup botol terpasang dengan rapat.

4.Kemudian pegang dinding botol dengan tanganmu. Amati apa yang terjadi pada air di dalam sedotan!

Apa Kata Sains:

Kenapa air di dalam sedotan akan naik kalau dinding botol kita pegang? Sebenarnya semua benda mempunyai sifat yang sama, yaitu akan memuai kalau dipanaskan dan akan menyusut kalau didinginkan. Nah, tubuh kita mempunyai panas yang lebih tinggi dari air biasa. Jadi ketika botol kita pegang, panas dari tubuh kita dipindahkan ke botol dan ke air. Maka dari itu, air menjadi lebih hangat sehingga memuai (tingginya air di dalam sedotan bertambah). Ketika, tangan kita dilepaskan air kembali dingin seperti semula. Akibatnya air menyusut kembali (tingginya air di dalam sedotan berkurang). Seperti itulah cara kerja termometer, Kids.  (Teks : Retno Foto: JFK)

Percobaan ini dilakukan di:
Rumah Sains Ilma
Jl. TPU Parakan 148
Pamulang 2 – Tangerang Selatan
Telp: 021- 7463.1039

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *