Teman, sekarang sudah nggak zamannya lagi curhat di buku diari. Sekarang dengan adanya internet, kita bisa curhat di dunia maya, lho!

Itu namanya blog. Kalian bisa sesukanya menulis cerita, curhat, pengalaman atau apapun di internet. Selain berupa tulisan, kamu juga bisa menambahkan foto pada setiap tulisanmu itu.

Pada awalnya, blog itu disebut dengan online diary (diari yang menggunakan internet). Blog pertama kali diperkenalkan oleh Justin Hall, seorang jurnalis (wartawan) yang membuat online diary sendiri tentang pendapat dan tulisan-tulisan yang dihasilkannya di internet.

Sejak saat itu, banyak orang yang menyukai blog ini. Mereka sering mengeluarkan pendapat atau hasil karya tulisan di internet, agar dibaca oleh orang lain.

Blog Gratis

Sejak saat itu, maka bermunculanlah situs-situs yang menyediakan fasilitas blog gratis. Pada tahun 1999, blogger.com diluncurkan. Selain blogspot, ada juga wordpress yang menyediakan fasilitas blog gratis.

Banyak orang menggunakan blog sebagai media untuk berekspresi, lho. Kamu juga bisa membuat tulisan, puisi, cerita, ataupun pengalamanmu di blog.

Cara Buat Blog

Kamu tinggal membuka situs blogger.com atau wordpress.com. Lalu, daftarkan diri kamu di halaman situs tersebut. Kamu pun bisa mengubah tampilan blog sesuka hati. Kalau kamu kesulitan menerjemahkan bahasa Inggris, di situ juga tersedia pilihan dengan bahasa Indonesia.

Setelah mendaftarkan diri dengan mengisi formulir di situ, kamu cukup memasukkan tulisan-tulisan kamu (nama kerennya posting) ke blog kamu. Kalau kamu ingin menambahkan foto di tulisanmu itu, tinggal klik icon bertuliskan picture, dan upload deh dari komputermu.

Misalnya, kamu ingin menuliskan pengalaman liburanmu ke Bali bersama keluarga. Ya, kamu tinggal menulis saja dalam bentuk kata-kata. Lalu ditambah dengan foto-foto liburan bersama keluarga, deh. Gampang, kan?

Terkenal Lewat Blog

Lewat blog, pengguna internet lain juga bisa membaca tulisan kamu. Akhirnya, kamu pun bisa terkenal. Lihat saja Kak Raditya Dika, penulis buku berjudul Kambing Jantan yang terkenal itu. Awalnya, Kak Dika hobi banget menulis di blog.

Lama-kelamaan, pembaca blog Kak Dika semakin banyak. Karena banyak yang suka dengan tulisan di blog-nya, Kak Dika bisa menerbitkan buku Kambing Jantan yang laris terjual. Akhirnya, Kak Dika menjadi penulis buku terkenal berkat menulis di blog. Kamu mau menjadi Kak Dika? Ayo, curhat di blog! (JFK/Nov)

 

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *