Musim hujan telah tiba. Di beberapa daerah, hujan yang turun terus menerus bisa mengakibatkan banjir. Mengapa ya bisa terjadi banjir?

Dalam prosesnya, air hujan yang turun ke bumi akan membasahi tanah, bebatuan, dedaunan, dan memberi kesegaran kepada semua makhluk hidup. Sebagian besar air hujan meresap ke dalam tanah, sebagian menggenang menjadi danau. Dan selebihnya mengalir melalui sungai yang menuju ke lautan.

Namun, karena banyaknya jumlah manusia saat ini, kadang-kadang mereka tidak lagi mempunyai pilihan lahan untuk dijadikan tempat tinggal. Setelah daerah yang memiliki mata air di lembah-lembah, perbukitan, atau daerah sekitar sungai habis, hutan pun mulai dibabat dan dijadikan tempat tinggal.

Hal itu juga merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir. Air hujan tidak lagi bisa terserap dengan baik, karena banyak lahan-lahan yang harusnya bisa menyerap air, tertutupi oleh jalan, bangunan, ataupun rumah-rumah.

Sebab, jika bukan karena hujan yang luar biasa deras dan lama, pada umumnya banjir terjadi karena air hujan tidak dapat meresap dengan baik ke dalam tanah. Lumpur yang terbawa membuat sungai-sungai dan danau juga menjadi dangkal.

 

Sampah

Tidak hanya itu, banyaknya sampah yang dibuang sembarangan juga akan menyebabkan terjadinya banjir. Karena selokan-selokan ataupun sungai yang seharusnya bisa mengalirkan air dengan baik, menjadi tersumbat. Sungai yang dangkal dan banyak timbunan sampahnya, membuat tidak mampu lagi menampung air dengan baik dan terjadilah banjir.

 

Pencegahan

Sebagai pencegahan, pengamanan daerah aliran sungai perlu diberi perhatian serius. Kita juga harus mempertahankan daya serap tanah atas air hujan yang jatuh.

Janganlah membangun perumahan, perkebunan, lapangan golf, atau jalan raya di daerah tangkapan air karena akan mengurangi daya serap tanah. Jika demikian, air hujan yang tercurah akan langsung tertumpah ke sungai ataupun menjadi banjir karena tidak terserap dengan baik.

Langkah penghijauan atau penanaman pohon-pohon di daerah tangkapan air (perbukitan) juga sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya banjir.

Ayo, kita cegah datangnya banjir di musim hujan ini dengan melakukan penanaman pohon, tidak membuang sampah sembarangan, dan membersihkan selokan maupun sungai dari sampah dan kotoran-kotoran yang menumpuk lainnya!

 

 

 

Teks: JFK     Ilustrasi: JFK

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *