Namanya Solfina Medorihi Dao, usia 40 tahun. Ibu Solfina adalah seorang guru di Smart Center KFC Indonesia Waingapu Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Selain menjadi guru, Ibu Solfina adalah seorang petani dengan 4 anak yang harus menghidupi keempat anaknya sendirian karena suaminya meninggal 4 tahun lalu akibat kecelakaan. Sejak pandemi melanda Ibu Solfina harus kehilangan pekerjaannya sebagai guru PAUD karena kondisi memaksa PAUD tersebut dihentikan.

Melihat kondisi tersebut, tim Smart Center KFC Indonesia pun tidak tinggal diam dan merekrut Ibu Solfina sebagai guru Smart Center. Sudah satu tahun belakangan ini Ibu Solfina mengajar di Smart Center KFC di Waingapu, Sumba Timur. Walau banyak kekurangan, semangatnya dalam mendidik anak – anak sangat luar biasa. Sejak pandemi melanda kegiatan Smart Center di sekolah dihentikan dan anak anak belajar masing-masing di rumah. Ibu Solfina sebagai guru yang bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi dengan senang hati selalu mengunjungi anak anak dari rumah ke rumah untuk memonitor keadaan mereka, mengajari mereka membaca dan menulis yang memang sering ditemukan di wilayah Sumba anak – anak SD kelas 5 belum bisa baca tulis dengan lancar. Kini, penghasilannya dari mengajar dan bertani cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari bersama keempat anaknya.

Smart Center adalah hasil kerjasama KFC Indonesia dengan Yayasan 1000 Guru yang digagas oleh Jemi Ngadiono sejak lima tahun lalu yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air melalui pemberian makan pagi bagi anak-anak, dan juga pelajaran tambahan membaca. Smart Center juga melakukan edukasi pentingnya makan pagi sebelum anak-anak sekolah kepada orang tua dan komunitas sekitar sekolah melalui pelatihan memasak. Saat ini sudah terdapat 45 Smart Center Project dan telah menjangkau lebih dari 5700 anak yang tersebar di berbagai wilayah pedalaman di Indonesia.

Terimakasih Ibu Guru Solfina atas dedikasinya untuk anak anak Smart Center KFC Indonesia di Waingapu, Sumba Timur. Dedikasi mu akan membantu mencerdaskan anak Indonesia dimana pun mereka berada.

(Foto : Ist)

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *