Tentang Anak, sebuah wadah edukasi dan informasi tentang kesehatan dan tumbuh kembang anak, yang diinisiasi oleh Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, meluncurkan dua buku pertama dari buku seri Sikap Baik berjudul “Terima Kasih” dan “Maaf” sebagai bagian dari buku-buku yang akan terbit kemudian. Dua buku ini dikerjakan bersama oleh Dr. Mesty Ariotedjo Sp. A (Dokter Anak), Ibu Gianti Amanda, S. Psi, Montessori Dipl (praktisi anak usia dini), Ibu Reda Gaudiamo (penulis buku anak), dan Ibu Bellansori (Ilustrator).

Berdasarkan data World’s Most Literate Nations (2016) oleh Central Connecticut State University, terdapat fakta yang memprihatinkan, yakni negara Indonesia menduduki peringkat kedua dari bawah, yakni posisi 60 dari total 61 negara terkait perilaku kegemaran membaca. Data PISA (Programme for International Student Assessment) pada tahun 2018 juga menunjukkan hal yang tidak jauh berbeda, posisi Indonesia adalah peringkat 72 dari 77 negara, dengan skor rata-rata membaca di bawah skor rata-rata (371/488).

Fakta di atas merupakan salah satu alasan di mana buku penting dan perlu dikenalkan dari usia dini. Sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan RI dan AAP. Dalam 1.000 hari pertama kehidupan, 80 persen otak seorang anak sedang terbentuk. Periode ini merupakan saat yang sangat penting untuk mulai menanamkan sikap baik sejak usia dini. Selain bermanfaat sebagai landasan kesuksesan akademis dan meningkatkan kognitif, membaca buku bersama anak sejak dini meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak untuk saling menyayangi hingga mampu meningkatkan daya komunikasi dua arah. “Kami membuat buku ini bersama dengan pemikiran matang dari segi kesehatan dan perkembangan anak, disertai pemilihan kata dan ilustrasi yang tepat. Kami ingin menunjukkan betapa pentingnya berkolaborasi lintas bidang seperti yang kami lakukan, agar hasil akhir penulisan buku lebih tepat sasaran” ungkap dokter Mesty.

Serial Buku Sikap Baik berisikan contoh konkret dan sederhana dalam kehidupan sehari-hari untuk mengucapkan terima kasih dan maaf. “Terima Kasih” dan “Maaf” merupakan ungkapan penghargaan dan penghormatan yang penuh makna. Dengan ditanamkannya nilai-nilai yang bermoral sejak usia dini, anak dapat memproses dan menyerap makna utama dari ungkapan tersebut. Kedua Serial Buku Sikap Baik ini juga melampirkan petunjuk bagi orang tua tentang bagaimana cara menginspirasi anak untuk bersikap baik.

Buku “Terima Kasih” dan “Maaf” diharapkan dapat menjadi salah satu cara bagi orang tua dan anak untuk semakin dekat, dengan cara menjadikan membaca buku sebagai rutinitas harian, misalnya saat sebelum tidur, sehingga mereka selalu memiliki waktu berkualitas bersama yang konsisten setiap harinya. American Academy of Pediatrics memaparkan bahwa selain memperkuat hubungan orang tua dan anak, membaca buku bersama dapat bermanfaat untuk memperkuat keterampilan bahasa, pengembangan literasi, dan meningkatkan ketertarikan anak terhadap membaca sejak dini. Kedua buku dari total 4  serial buku Sikap Baik yang diluncurkan terlebih dahulu sebelum akhir 2020 ini diharapkan dapat menjadi alternatif bahan bacaan yang baik dan membantu orang tua untuk mengembangkan minat baca anak di usia keemasan.

“Ke depannya, Tentang Anak akan terus menginisiasi kegiatan-kegiatan positif serupa lainnya dengan menjadi pendamping terbaik para orang tua dalam mendidik anak melalui asupan informasi seputar parenting, ataupun menciptakan bahan bacaan lainnya yang dapat menjadi sebagai rutinitas positif orang tua dan anak,” tutup dokter Mesty.

Kedua serial buku Sikap Baik, “Terima Kasih” dan “Maaf” dapat diperoleh secara online melalui Tokopedia dengan mengakses laman ‘Tentang Anak Official’ dengan harga masing-masing Rp 75,000,-. Untuk informasi terbaru mengenai Tentang Anak, kunjungi akun media sosial Instagram @tentanganakofficial.

(Foto : Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *