Coba lihat seragam sekolah kalian, pasti ada kancing-nya, kan? Tapi, pernahkah terpikir oleh kalian, siapa yang pertama kali menciptakan benda kecil yang sangat berguna itu?

Berdasarkan penelitian para arkeolog, kancing sudah dipakai sejak zaman dahulu, bahkan sebelum manusia mengenal tulisan, lho! Namun kancing baru mulai dikenal pada tahun 1200-an saat jubah/pakaian mulai longgar.

Zaman dahulu, orang memakai kancing yang terbuat dari kerang, beling, kulit, dan mutiara. Bahkan sekitar 4000-an tahun yang lalu, bangsa Yunani menggunakan kancing dari bahan emas.

Abad 14

Pada abad ke-14, kancing baju mulai populer di negara Eropa. Dibuat dari beraneka bahan seperti perak, baja, tembaga, timah, nikel, dan perunggu. Lain halnya dengan sekarang dimana kancing baju banyak terbuat dari bahan plastik beraneka warna dan bentuk. Ada lingkaran, kotak, bunga, dan lain sebagainya. Ukurannya pun beragam. Besar, sedang, kecil, dan sangat kecil.

Abad 18

Di abad ke-18, Prusia dipimpin oleh Raja Frederich Agung. Beliau sangat disiplin dan suka kebersihan. Suatu hari, ia memeriksa pasukannya. Ternyata, bagian lengan seragam para prajuritnya, sangat kotor dan dekil. Dikarenakan kebiasaan mereka menyeka keringat wajah dengan ujung lengan seragam.

Raja pun membuat kebijakan baru dimana setiap ujung lengan seragam harus diberi kancing yang kala itu masih terbuat dari kulit kerang atau beling. Dengan begitu, prajurit yang masih bandel menyeka keringat dengan lengan seragam, wajahnya akan lecet-lecet terkena kancing. Hihihi… Itulah yang membuat ujung lengan jas dihiasi beberapa kancing hingga saat ini.

Kancing Baju Laki-Laki dan Perempuan

Mungkin kalian juga pernah bertanya-tanya, mengapa kancing baju untuk laki-laki berada di kanan, sementara kancing baju perempuan berada di kiri? Ini ada ceritanya, lho, Kids!

Dahulu awalnya, susunan kancing baju laki-laki dan perempuan, sama saja yaitu di sebelah kiri. Pada zaman abad pertengahan, model baju laki-laki mengikuti bentuk pakaian perang. Mereka merasa kesulitan mengambil pedang di pinggang sebelah kiri karena tangan kanan harus membuka kancing baju terlebih dahulu. Gerakan mencabut pedang pun jadi terhambat, Kids. Nah, biar lebih cepat, kancing baju dipindahkan ke kanan sehingga tangan kiri bisa membuka baju, dan tangan kanan bebas memegang pedang.

Alasan lainnya, untuk perempuan, karena biasanya memakai baju sendiri, akan lebih mudah jika letak lubang di kanan dan kancingnya sebelah kiri. Sedangkan laki-laki, karena biasanya dipakaikan perempuan, akan memudahkan jika lubangnya di kiri dan kancing sebelah kanan. Begitu Kids, asal mulanya…(Novi)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *