Jakarta, majalahjustforkids.comSOS Children’s Villages akan menggelar perhelatan Bike To Care secara offline untuk ketiga kalinya. Bike To Care  2023 Lombok Loop ini mengambil lokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Mengangkat tema #MengayuhUntukAnak serta mengusung konsep Ultra-Distance Cycling 370 KM, Bike To Care 2023 membawa makna dan misi baru   dalam olahraga yang melibatkan 42 pesepeda, ribuan donatur, hingga para mitra korporasi dan media yang berkomitmen untuk mendukung pemenuhan hak-hak anak Indonesia.

Untuk diketahui, selama tahun 2022, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) telah mencatat adanya 2.296 jumlah kasus pelanggaran hak anak di Indonesia. Di antaranya adalah 1.554 kasus pemenuhan hak anak dan 742 kasus perlindungan khusus anak (PUSDATIN KPAI, Januari-September 2022).

Seluruh hasil penggalangan dana Bike To Care 2023 nantinya akan diperuntukkan bagi pemenuhan hak-hak anak-anak yang telah/terancam kehilangan pengasuhan orangtua melalui SOS Children’s Villages Indonesia. Hak-hak anak tersebut meliputi hak kelangsungan hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak berpartisipasi demi masa depan anak Indonesia.

Untuk kepentingan tersebut, acara sepeda amal Bike To Care tahun ini mengambil jarak sejauh 370 km di mana para pesepeda tak hanya mengayuh mengelilingi Lombok, tetapi juga berbagi kebaikan dengan melakukan penggalangan dana melalui halaman donasi atas nama masing-masing pesepeda.

Sebelumnya, SOS Children’s Villages di Indonesia sendiri telah sukses menggelar ajang serupa Bike To Care #BaliLoop 500KM dan #TobaLoop 300KM.

“Kami sangat bersemangat untuk dapat kembali melangsungkan Bike To Care 2023. Dengan fokus tahun ini untuk pemenuhan hak-hak anak, kami harap semakin banyak masyarakat yang turut serta mendukung program dari SOS Children’s Villages Indonesia,” ujar Bapak Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages.

Ia juga berharap, melalui kegiatan ini sekaligus dapat membangkitkan perekonomian dan sektor pariwisata Indonesia, khususnya Lombok.

Adapun perhelatan offline Bike To Care 2023 akan digelar pada 4-5 Februari 2023 dengan dua kategori, yaitu Full Course (370KM) dan Half Course (150KM) dengan konsep amal dan dukungan penuh di akomodasi dan konsumsi bagi para pesepeda.

Di hari pertama, Sabtu 4 Februari 2023 seluruh pesepeda kategori Full Course dan Half Course akan memulai perjalan mereka di start gate yang berlokasi di Mandalika Beach Park, Kuta. Para peserta akan mengayuh sejauh 150KM hingga menuju Gate Finish di Holiday Resort, Senggigi.

Bagi para pesepeda dengan kategori Half Course perjuangan telah selesai, namun bagi para pesepeda dengan kategori Full Course perjuangan mereka akan dilanjutkan keesokan harinya pada Minggu 5 Februari 2023. Di hari kedua, seluruh pesepeda di kategori Full Course akan kembali mengayuh sepeda mereka sejauh 220KM yang dimulai dari Holiday Resort, Senggigi menuju titik start awal di Mandalika Beach Park, Kuta.

Selama perjalanan mereka, para pesepeda juga difasilitasi dengan check point dimana mereka bisa beristirahat dan mengisi tenaga mereka serta water station di setiap 25 kilometer sebagai tempat bagi para pesepeda mendapat asupan air dan makanan ringan untuk mendukung perjuangan mereka hingga ke garis finish.

Di antara para pesepeda yang luar biasa, juga turut berpartisipasi Chaidir Akbar atlet triathlon, Soraya Larasati dan Dony Almadi pasangan selebritis, Natascha Ule, Dani Chika dan Zipora Ayu, serta Angel Cahyadi yang adalah pegiat sepeda dan #PejuangAnak.

Mereka semua bergabung dalam kategori Full Course untuk menyelesaikan rute Bike To Care 2023 sejauh 370 KM. Bersama dengan para pesepeda yang terdaftar, mereka ikut serta menggalang donasi dan mempromosikan kegiatan Bike To Care agar lebih banyak masyarakat yang bergabung untuk memberikan dukungannya.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *