Gramedia Pustaka Utama luncurkan buku Negara Polandia

Bicara tentang negara Polandia, apa nih yang pertama kali melekat di pikiran kamu? Bisa jadi, bendera jawabannya! Yups, bendara negara kita punya kemiripan dengan negara di Eropa Tengah satu ini. Jika bendera Indonesia berwarna merah putih, maka bendera negara Polandia kebalikannya, putih merah.

Tak hanya bendera, banyak sekali sebenarnya yang menarik untuk digali dari negara yang berbatasan dengan Jerman ini. Mulai dari sejarah, tokoh terkenal, seni, pendidikan, wisata, kuliner, hingga keterkaitan antara Polandia dan Indonesia.

Namun sayangnya, di antara banyak informasi terutama buku berbahasa Indonesia, Polandia jarang sekali diulas dibandingkan negara-negara lain.

Hal ini pula yang menjadi salah satu pertimbangan yang mendorong pasangan suami istri, Piotr Śmieszek dan Arun Śmieszek, untuk menulis buku berjudul “Negara Polandia untuk Pemula’ yang dikeluarkan oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Beberapa tahun lalu, ujar Arun, ia melihat-lihat buku tentang Polandia di toko buku, namun tak ditemui. “Padahal buku tentang negara lain banyak, kok Polandia nggak ada, ya. Terus kita mikir, bagus nih kalau menulis tentang Polandia,” ujar Arun pada konferensi pers peluncuran buku “Negara Polandia untuk Pemula” secara virtual, Jumat (26/11).

Buku pertama tentang Polandia yang ditulis dalam bahasa Indonesia ini terbit dengan dukungan penuh dari Kedutaan Besar Polandia di Indonesia. “Saya berharap buku ini menjadikan minat Anda pada Polandia semakin berkembang. Saya juga berharap buku ini akan mendorong Anda untuk mengunjungi Polandia dan melihat dengan mata kepala sendiri tempat-tempat yang Anda baca. Saya mengundang semua orang untuk membaca buku ini dan mengunjungi Polandia,” tutur Beata Stoczyńska, Duta Besar Republik Polandia untuk Indonesia, dikutip dari Kata Pengantar buku Negara Polandia untuk Pemula.

Piotr Śmieszek yang kini menetap di Yogyakarta bersama sang istri, Arun, menceritakan bahwa buku ini memakan proses pengerjaan hampir 1 (satu) tahun lamanya. Buku yang terdiri dari 295 halaman dengan 13 bab ini menceritakan banyak hal termasuk sejarah, budaya, destinasi wisata, tokoh terkenal, seni, dan sebagainya.

Ditanya bagian favorit dalam buku, Arun mengaku sangat suka saat menulis tentang budaya Polandia. Baginya, banyak sekali budaya menarik tentang Polandia yang sangat layak untuk diceritakan.

“Contohnya tentang kuliner ya, waktu itu saya pertama kali makan agar-agar di Polandia. Ekspektasi saya agar-agar itu manis seperti kebanyakan di Indonesia, tapi ternyata agar-agar di Polandia isinya ikan. Waktu itu saya ngerasa aneh banget, tapi setelah dimakan segar, kok, hehe…” ujarnya tertawa mengenang pengalaman lampau.

Ia melanjutkan, dari segi bahasa, ada banyak persamaan kata Polandia (dengan pengucapan yang juga sama) tetapi memiliki makna berbeda. “Misalnya, kata warga di Indonesia artinya penduduk, kalau di Polandia artinya bibir. Terus, kata “Walikota” di Polandia artinya penyiksa kucing, sementara di Indonesia artinya pemimpin daerah,” ujarnya.

Wah, menarik sekali, bukan?

Sementara itu, Piotr mengaku bagian favoritnya dalam buku adalah bab tentang sejarah. “Saya tertantang sekali, bagaimana saya harus bisa merangkum sejarah Polandia yang sangat panjang ke dalam buku secara ringkas dan padat,” katanya.

Kehadiran buku “Negara Polandia untuk Pemula” ini juga sangat disambut baik oleh Yolanda Victoria Rajagukguk. Wanita yang menerima beasiswa Stefan Banach untuk melanjutkan pendidikan S2-nya di Polandia ini, merasa bahwa buku ini sangat wajib dimiliki oleh mereka yang hendak berkunjung ke Polandia.

“Waktu itu sedikit sekali informasi yang saya dapat tentang Polandia, saya saja dulu baru tahu kalau Polandia itu letaknya di sebelah Jerman. Membaca buku ini, saya jadi mikir, seandainya saya dulu udah punya buku ini, ya, kan jadi lebih gampang beradaptasi. Ada banyak hal tentang Polandia yang bakal sangat membantu mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di negara ini hehe…” kenangnya.

“Kami berharap buku Negara Polandia bagi Pemula akan membuat pembaca Indonesia tertarik dengan apa yang sedang dan telah terjadi di negara yang terletak di Sungai Vistula ini. Buku ini berisi gabungan berbagai kejadian, selera, dan perasaan yang tercipta di antara orang-orang yang tinggal di Polandia, selama berabad-abad,” imbuh Arun.

Buku Negara Polandia bagi Pemula kini sudah bisa diperoleh di berbagai toko buku dan toko buku online. Dilengkapi foto-foto berwarna, buku ini akan membuat keinginan para pembaca untuk dapat berkunjung ke Polandia semakin besar. So, mau ke Polandia? Wajib beli dan baca buku ini, ya?

Foto: Efa, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *