Untuk keempat kalinya, KOHLER Bold Design Awards (KBDA) kembali digelar. KBDA adalah ajang kompetisi desain internasional yang memberikan penghargaan kepada para profesional berbakat yang terus menciptakan inovasi dalam industri perhotelan, perumahan, dan properti komersil. Keempat kalinya diselenggarakan di Asia Tenggara, dan pertama kalinya diselenggarakan sebagai kompetisi regional, yang mencakup Vietnam, Filipina, Indonesia, Hong Kong, Singapura, Taiwan, dan Malaysia.

Didirikan tahun 1873 dengan kantor pusat di Kohler, Wisconsin, Kohler Co. adalah salah satu perusahaan swasta tertua dan terbesar dengan lebih dari 35.000 rekanan. Dengan lebih dari 50 lokasi manufaktur di dunia, Kohler adalah pemimpin global dalam bidang desain, inovasi dan manufaktur produk dapur dan kamar mandi; mesin dan sistem daya; lemari dan ubin mewah; dan pemilik/operator dua hotel bintang lima dan destinasi resort golf di Kohler, Wisconsin dan St. Andrews, Scotland.

Lapangan golf  Kohler Whistling Straits akan menjadi tuan rumah kompetisi Ryder Cup 2021. Perusahaan ini juga mengembangkan solusi untuk menjawab isu-isu mendesak, seperti masalah air bersih dan sanitasi untuk masyarakat yang kurang beruntung di seluruh dunia demi meningkatkan kualitas hidup generasi sekarang dan mendatang. Di Asia Pasifik, KOHLER sendiri aktif di 14 negara besar dan teritori.

Ajang kompetisi KBDA merupakan wadah untuk menampilkan karya dalam bidang desain dan inovasi. Para juri yang merupakan jajaran desainer internasional ternama akan memilih proyek yang paling menonjol. Para pemenang akan diumumkan dalam acara pemberian penghargaan pada Februari 2022.

Atas (Ki-Ka): BRIAN LUM, Vice President, Design Services Asia Pacific, Hyatt Hotels Corporation (Hongkong); ANDRE, FU Founder, AFSO (Hongkong). Bawah (Ki-Ka): ANGEL YANG, President, Kitchen & Bathroom, KOHLER Asia Pacific; CHRIS GODFREY, Global Principal, HBA Residential (UK & Singapore); TINA NORDEN, Partner, Conran and Partners (UK)

KOHLER Bold Design Awards terbuka untuk arsitek perseorangan dan proyek, desainer, pengembang properti, dan operator hotel yang sudah membuat perubahan besar dan inovatif di dunia desain Asia Pasifik. Tahun ini, penghargaan yang akan diberikan meliputi kategori Living (apartement, vila); Travel (hotel urban, resort); Leisure (restoran & bar, toko retail); Commercial; Innovation; Sustainability; Prodigies; Influencers; The Icon; dan Best of Best Projects.

Ajang kompetisi ini menghadirkan tim juri yang terdiri dari 7 orang arsitek dan desainer internasional ternama yaitu; Alexandra Champalimaud (Founder & President, Champalimaud, AS), Ed Bakos (Partner & CEO, Champalimaud, AS, Co-judge bersama Alexandra Champalimaud), Andre Fu (Founder, And’re Fu Studio, Hong Kong), Chris Godfrey (Global Principal, HBA Residential, Inggris & Singapura), Steve Leung (Founder, Steve Leung Design Group Ltd., Hong Kong), Brian Lum (Vice President, Design Services Asia Pacific, Hyatt Hotels Corporation, Hong Kong), dan Tina Norden (Partner, Conran and Partners, Inggris). Mereka  semua akan memberikan penilaian, dan memilih proyek serta bakat terbaik.

Alexandra Champalimaud (Founder & President, Champalimaud, AS)

Melalui karyanya, Alexandra Champalimaud ingin merangsang tumbuhnya rasa ingin tahu intelektual yang dinamis dan keterbukaan. Bakat intuitifnya dalam memadukan warna, pola, dan tekstur serta pemahamannya yang mendalam mengenai fondasi dan prinsip desain klasik mengesankan sikap tanpa komprominya terhadap nilai-nilai estetis, namun demikian ia selalu menghormati kebutuhan klien dan sangat peka pada konteks budaya masing-masing proyek.

Ed Bakos (Partner & CEO, Champalimaud, AS, Co-judge bersama Alexandra Champalimaud)

Berpengalaman lebih dari 25 tahun di bidang desain hospitality dan restoran mewah ditambah kolaborasi bersama sejumlah klien papan atas pada berbagai proyek bergengsi pemenang penghargaan telah menempatkan Ed Bakos sebagai sosok disegani di industri desain. Melalui kerja sama erat dengan klien dan tim desain dari perusahaan, Ed berhasil membentuk ruang arsitektural yang mampu mendukung terbentuknya dan berlangsungnya evolusi merek-merek mewah.

Andre Fu (Founder, And’re Fu Studio, Hong Kong)

André Fu diakui karena gaya desainnya yang idiosinkratik–pendekatan penuh pemikiran mendalam, pertimbangan masak namun analitis sebagaimana tampak melalui nilai estetis yang begitu halus dalam karya-karyanya–akibat pengaruh pendidikan multi budaya yang diterimanya.

Chris Godfrey (Global Principal, HBA Residential, Inggris & Singapura)

Chris Godfrey adalah pemenang penghargaan British Architect and Interior Designer dengan karir cemerlang lewat proyek-proyek prestisius yang dikerjakannya dengan penuh ketelitian–seperti bangunan rumah, taman pacuan kuda, kantor-kantor pribadi, clubhouses dan jets–bagi klien-klien ternama di seluruh dunia. Sebagai seorang Arsitek dan Desainer Interior, Chris menawarkan desain holistik dari luar-ke-dalam dan dari dalam-ke-luar, mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil, dari rencana induk sampai gagang pintu; gagasan-gagasannya berkembang secara komprehensif dan terpadu.

Steve Leung (Founder, Steve Leung Design Group Ltd., Hong Kong)

Steve Leung adalah seorang arsitek sekaligus desainer interior dan produk yang diakui di tingkat internasional. Pengalamannya di dunia desain sudah mencapai lebih dari 30 tahun dan, karya-karyanya selalu mencerminkan karakter unik masing-masing proyek yang diperkaya sentuhan kontemporer, mengambil inspirasi dari budaya dan seni Asia. “Desain memiliki kekuatan mendobrak segala batas”, dengan filosofinya ini, Steve membawa timnya ke arah kolaborasi lintas disiplin yang belum pernah ada sebelumnya, dan menghasilkan berbagai karya desain merek internasional.

Brian Lum (Vice President, Design Services Asia Pacific, Hyatt Hotels Corporation, Hong Kong)

Brian Lum, sosok yang mengutamakan desain dan berfokus pada kualitas. Penganut kuat paham nilai-nilai desain dan selalu berusaha agar desain karyanya mampu memberikan sesuatu yang berbeda, memperkaya pengalaman tamu sekaligus menyodorkan pilihan-pilihan. Berpijak dari warisan keunggulan dan reputasi kuat Hyatt dalam hal inovasi serta Food and Beverage, berhasil meraih sejumlah prestasi antara lain Andaz Bali & Andaz Shenzhen, Hyatt Regency Phnom Penh, Grand Hyatt Jeju, dan Park Hyatt Auckland.

Tina Norden (Partner, Conran and Partners, Inggris)

Tina Norden adalah seorang arsitek dan desainer interior dengan beragam portofolio mencakup berbagai macam konteks dan kawasan, mulai dari desain bangunan hotel sampai bangunan residential eksklusif. Tina selalu mengutamakan detail dengan menggali konteks dan sejarah unik proyeknya sehingga tercipta ruang tanpa batas yang mampu menceritakan sebuah kisah. Desain Tina lebih mengutamakan gaya daripada mode agar hasil karyanya bertahan lama dan tak lekang oleh waktu.

Selain menerima trofi, karya Pemenang KOHLER Bold Design Awards 2021 juga akan ditampilkan di platform media sosial, karya tulis, dan media promosi KOHLER, serta mendapatkan exposure di media setempat.

Peserta yang tertarik untuk bergabung bisa mendaftarkan karya mereka ke website Kohler Bold Design Awards (kbda-ap.com) sejak tanggal 23 September 2021 hingga 15 Desember 2021. Nominasi pemenang akan diumumkan pada 15 Januari 2022. Pemenang juga diumumkan dalam acara gala dinner pada Februari 2022.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi tim Kohler Asia Pacific di Kohlerasiapacific@kohler.com.

Foto: Novi, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *