Teman, bila kamu sedang jalan-jalan ke mal atau makan di restoran atau kafe bareng keluarga, coba perhatikan sekelilingmu. Hampir semua restoran di kota-kota besar menyediakan fasilitas internet gratis melalui penggunaan Wi-Fi. Biasanya, pemilik restoran akan memasang ‘Free Wi-Fi’ atau ‘Free Hotspot’ tepat di depan restoran itu. Dengan begitu, orang akan tertarik makan sambil internetan!

Wi-Fi (dibaca; wayfay) adalah kependekan dari Wireless Fidelity, suatu rangkaian produk yang dirancang untuk penggunaan teknologi jaringan lokal nirkabel (tanpa menggunakan kabel) atau dalam bahasa inggris disebut dengan WLAN (Wireless Local Area Networks). Dengan Wi-Fi, kita bisa tersambung ke jaringan dan internet tanpa harus menggunakan kabel. Jadi kita tidak perlu repot lagi memasang kabel jaringan agar bisa internetan.

Wajar saja, bila kamu lihat di kafe-kafe, mal bahkan sekolah, orang-orang asyik membuka laptop dan berselancar di dunia maya. Dulu, perangkat Wi-Fi harus dipasang terlebih dahulu di laptop atau komputer. Tapi sekarang, laptop-laptop keluaran setelah tahun 2007 dan ponsel pintar sudah dilengkapi fasilitas Wi-Fi di dalamnya.

Kecepatan internetnya juga cepat, lho. Bahkan, bisa mencapai 100 Mbps. Biasanya, titik akses atau dinamakan hotspot dipasang di dalam mal, kafe, atau restoran. Jangkauan sinyalnya pun tergantung dari tipe Wi-Fi yang digunakan. Biasanya disesuaikan dengan besar kecilnya tempat yang akan dipasang fasilitas Wi-Fi tersebut.

Tak hanya itu saja, kebanyakan kafe atau mal menyediakan fasilitas Wi-Fi secara gratis. Kalau mau internetan di kafe, kamu cuma tinggal memesan makanan atau minuman saja. Karena fasilitas Wi-Fi memang sengaja ditujukan bagi pengunjung kafe dan restoran itu. So, ngapain repot pakai kabel untuk internetan! (JFK/DRW Ilustrasi : JFK)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *