Kamu masih ingat dengan permainan Pokemon Go? Ya, permainan ini sempat menggemparkan dunia beberapa tahun lalu. Di permainan tersebut kita bisa merasakan sensasi menangkap jenis Pokemon yang ada, seperti di dunia nyata. Nah, hal itu dimungkinan karena adanya teknologi yang disebut dengan Augmented Reality (AR).

Sebenarnya, sejak kapan, ya, teknologi AR itu ada? Ternyata, teknologi AR sudah ada sejak tahun 1957-1962, lho! Penciptanya bernama Morton Heilig. Beliau seorang sinematografer yang menciptakan dan mematenkan sebuah simulator yang disebut dengan Sensorama dimana memiliki getaran, bau, dan visual.

Perjalanan teknologi AR di dunia, pertama kali dimulai pada tahun 1968, di mana Ivan Sutherland membuat sebuah sistem display yang dipasangkan di kepala untuk pertama kalinya.

Tahun 1990, istilah AR pertama kali ditemukan oleh peneliti Boeing, Tom Caudell. Sementara itu, sejumlah grup peneliti asal Jerman membawa teknologi AR ke dunia telepon genggam pada tahun 2004.

Di tahun 2014, teknologi AR yang dapat dikenakan (Wearable AR) menjadi headline di berbagai media. Semua adalah karena Google Glass. Sebuah produk kacamata AR yang dibuat oleh Google. Sayangnya, proyek tersebut berhenti karena berbagai faktor.

Augmented Reality (AR) sendiri merupakan penggabungan dunia nyata dan virtual, bersifat interaktif secara real time, dan merupakan animasi 3D. Tak hanya di dunia game, teknologi AR juga digunakan di bidang lain seperti kedokteran, entertainment, militer, desain, dan juga robotics.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *