review Film Gundala Film Paling Ditunggu Tahun Ini Tayang di Bioskop, Bukti Indonesia Punya Tanlenta Luar Biasa

Teman-teman, jika Amerika punya superheroes dari Marvel Cinematic Universe, maka Indonesia pun punya banyak jagoan dari Jagat Semesta Bumilangit (Bumilangit Cinematic Universe). Salah satunya, adalah Gundala, sang putra petir yang tayang di seluruh bioskop tanah air mulai hari ini, 29 Agustus 2019.

Gundala adalah jagoan ciptaan Hasmi, komikus senior Indonesia. Tahukah kamu, di tahun 2019 ini, Gundala sudah berusia 50 tahun, loh! Mungkin, para generasi baru seperti kalian tak banyak yang tahu, bahwa Indonesia punya banyak sekali (bahkan ribuan) karakter jagoan yang berasal dari komik, sama halnya seperti Marvel.

Latar cerita dalam Jagat Bumilangit dimulai sejak letusan Toba 75.000 SM. Terbagi menjadi 4 era, yakni era legenda, era jawara, era patriot, dan era revolusi. Jagat cerita itu sudah dikenal sejak tahun 1960-an di Indonesia.

Sutradara Joko Anwar (keempat dari kanan) menjanjikan film Gundala menyajikan aksi yang seru saat ditemui di acara media screening Gundala di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta (28/08/19)

Nah, Gundala berasal dari era patriot (era jagoan/superhero). Sama halnya seperti jagoan lain yakni Sri Asih, Godam, Maza, Aquanus, Merpati, dan lainnya. Ada pula karakter yang berasal dari era jawara (pendekar), misalnya Mandala dan si Buta dari Gua Hantu.

Gundala, adalah patriot pertama dari Jagat Sinema Bumilangit yang diangkat ke layar lebar. Film yang disutradarai dan ditulis skenarionya oleh Joko Anwar ini benar-benar menjadi pelepas dahaga bagi pecinta film aksi superhero yang merindukan kehadiran pahlawan lokal. Ya, sudah saatnya para generasi baru tahu bahwa negara kita pun mempunyai banyak karakter jagoan yang layak dibanggakan. Setelah melalui proses pembuatan  dua tahun, akhirnya film paling ditunggu ini siap disaksikan oleh penikmat film aksi di seluruh Indonesia.

Dibintangi Artis Ternama

Aktor dan aktris yang tampil di film ‘Gundala’ adalah Abimana Aryasatya, Bront Palarae, Tara Basro, Ario Bayu, Rio Dewanto, Marissa Anita, Muzakki Ramdhan, Cecep Arif Rahman, Lukman Sardi, Faris Fadjar, Hannah Al Rashid, Kelly Tandiono, Andrew Sulaiman, Asmara Abigail, Zidni Hakim, Putri Ayudya, Dimas Danang, Ari Tulang, Indra Brasco, dan banyak lagi.

Abimana Aryasatya sebagai Sancaka dewasa

Tak berlebihan rasanya bila sang sutradara, Joko Anwar, mengatakan bahwa film ini layak ditonton. Sebagai film superhero lokal karya anak bangsa, Gundala mesti banget kalian saksikan, terutama bagi kamu yang sudah berusia 13 tahun.

Sebagai film aksi laga, sama halnya dengan film superhero Marvel, Gundala memiliki rating usia 13 tahun ke atas, artinya film ini diperuntukkan oleh penonton berusia 13 tahun atau lebih. Jadi, bagi adik-adik yang berusia di bawah itu, sebaiknya didampingi oleh orangtua atau orang dewasa jika ingin menonton, ya?

“Film ini merupakan sebuah terobosan dalam perfilman Indonesia. Kami ingin memperkenalkan kepada generasi baru, bahwa Indonesia juga punya loh karakter jagoan yang layak dibanggakan,” ujar Kak Joko Anwar pada acara media screening Film Gundala di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta pada Rabu (28/08/19).

Para pemain film ‘Gundala’ berpose bersama pada malam Gala Premiere dan dihadiri oleh para bintang mulai dari Pevita Pearce, Zara JKT48, Iko Uwais dan Joe Taslim

Sinopsis

Film Gundala bercerita tentang Sancaka, diperankan Muzakki Ramdhan (Sancaka kecil) dan Abimana Aryasatya (Sancaka/Gundala) yang harus hidup sendiri ketika Ayahnya meninggal dan Ibunya pergi tanpa kembali. Ia pun harus hidup di jalanan. Kehidupan yang keras membuat Sancaka belajar untuk memikirkan keselamatannya sendiri.

Seiring waktu, ia tumbuh besar dan bekerja sebagai satpam (tim security) sebuah media nasional. Sebuah teguran membuatnya berpikir ulang mengenai prinsip hidupnya yang tak memperdulikan hidup orang lain. Suatu peristiwa membuatnya tersambar petir dan bisa mengeluarkan kekuatan petir dari tubuhnya. Ia pun kemudian harus memilih dan memutuskan, ketika keadaan dalam negeri semakin kacau, apakah ia hidup untuk keselamatan dirinya sendiri atau bangkit menjadi pahlawan bagi mereka yang tertindas.

Salah satu adegan Sancaka kecil (Muzakki Ramdhan) dalam film Gundala, patriot pertama dalam Jagat Sinema Bumilangit

Bisakah Sancaka mengalahkan musuh yang sudah menyusahkan rakyat kecil? Akankah ia bertemu lagi dengan ibunya? Kalian mesti menonton sendiri filmnya, ya.

Bumilangit Studios, Screeplay Films bekerja sama dengan Legacy pictures dan Ideosource Entertainment mempersembahkan film Gundala yang sudah tayang mulai hari ini, 29 Agustus 2019, di seluruh bioskop tanah air.

Talenta Berbakat

Para pemain cilik, yakni Muzakki Ramdhan (Sancaka kecil) dan Fariz Fajar (Awang kecil/sahabat Sancaka) bisa memerankan karakternya dengan sangat baik. Dalam situasi yang memprihatikan, dialog di antara mereka sanggup menggelitik perut. Polos dan lucu khas anak-anak.

Sancaka (Abimana Aryasatya) tak pernah menyangka bahwa peristiwa tersambarnya petir membuat ia mampu mengeluarkan kekuatan yang luar biasa

Begitu juga dengan Abimana Aryasatya sebagai Sancaka dewasa. Karakternya yang acuh dan agak pendiam mampu dilakonkan Abimana dengan sempurna. Adegan laga dalam film pun divisualisasikan dengan sangat apik oleh sutradara Joko Anwar. Apalagi, Gundala merupakan film Indonesia pertama dengan tata suara Dolby Atmos. Yang membuat penonton bisa mendengarkan suara film dengan lebih nyata dan hidup. Siap-siap memicingkan mata atau berteriak kaget, ya, hehe…

Bisa dibilang, Gundala menawarkan awal yang menegangkan, dan akhir yang bikin penasaran. Film yang ditujukan untuk keluarga ini berhasil menorehkan rasa puas di hati begitu kita beranjak dari kursi penonton seusai film.

Disarankan, sebelum kalian menyaksikan film Gundala, ada baiknya mempelajari karakter-karakter dalam Jagat Sinema Bumilangit. Dengan begitu, kalian akan lebih mengerti jalan ceritanya dan lebih menikmati kejutan-kejutan yang bakal diberikan pada beberapa adegan film. Penasaran? Saksikan Gundala di bioskop terdekat di kotamu, ya?

Foto: Efa, Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *