Kolaborasi DANA dan YesDok Hadirkan Kemudahan Memperoleh Layanan Kesehatan

Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak masyarakat yang enggan untuk berobat ke rumah sakit, jika tidak terpaksa dan mendesak sekali. Hadirnya aplikasi digital berbasis kesehatan (e-health) menjadi salah satu alternatif solusi yang menguntungkan. Tanpa harus keluar rumah, Moms & Dads bisa berkonsultasi dengan dokter tentang kesehatan pribadi maupun anak, berbagi informasi kesehatan, memesan dan membeli obat, bahkan mengunduh data kesehatan melalui perangkat elektronik, semisal smartphone.

Kian meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap kemudahan pengelolaan kesehatan ini, mendorong dompet digital DANA menjalin kolaborasi dengan aplikasi kesehatan YesDok.

“YesDok, aplikasi ternama yang menyediakan layanan kesehatan, kini hadir di dalam aplikasi DANA, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan layanan kesehatan dengan mudah, nyaman, dan aman. Ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus berkontribusi dalam pembangunan ekosistem digital masa depan melalui teknologi serta sinergi dengan banyak platform, termasuk e-health,” ujar Darrick Rochili, Chief Innovation Officer DANA pada virtual conference hari ini.

Lewat kolaborasi ini, pengguna Dana yang sudah mencapai 40 juta dapat dengan mudah memperoleh layanan kesehatan mulai dari konsultasi hingga mengunduh data kesehatannya langsung dari aplikasi. Masyarakat pengguna YesDok pun bisa melakukan pembayaran nontunai secara mudah, nyaman, dan aman dengan menggunakan DANA yang sudah terintegrasi di dalam aplikasi YesDok.

YesDok adalah layanan e-health 24 jam melalui aplikasi mobile yang berbasis video/phone call dengan jangkauan global, yang dapat diakses kapan dan di mana saja. Dokter yang menjadi mitra YesDok adalah dokter yang terdaftar di Konsil Kedokteran Indonesia. Dokter mitra YesDok berkomitmen dalam upaya-upaya preventif, promotif dan edukasi informasi kesehatan yang berkualitas.

Untuk mendukung kolaborasi ini, YesDok memberikan konsultasi video gratis untuk setiap penggunaan pertama di aplikasi Dana. “Konsultasi video ini dapat digunakan untuk berbagai hal: seperti menanyakan penggunaan obat yang baik dan benar, jika anak sakit tengah malam, informasi terkini mengenai COVID-19 atau apa saja demi mendukung kenyamanan pengguna dari rumah selama 24 jam,” jelas Irwan Hartanto, Chief Executive Officer YesDok.

Tak hanya soal kesehatan fisik, diakui oleh Irwan, tak sedikit masyarakat yang mengonsultasikan hal lain seperti kesehatan metal, KDRT, kecanduan narkoba, kelainan seksual dan sebagainya. “Dokter yang melayani di YesDok berjumlah ribuan dan terdiri dari berbagai disiplin ilmu. Rata-rata konsultasi yang dibutuhkan sekitar 5-10 menit. Di sini kami tekankan SOP (standard or procedure) yang tinggi. Misalnya dalam waktu kurang 10 menit, dokter belum bisa memastikan symtoms (gejala) yang kuat pada penanya, maka dokter tidak akan memberikan diagnosis, melainkan memberikan anjuran semisal melakukan tes lain agar lebih akurat. Tapi kalau dalam waktu kurang dari 10 menit, dokter yakin 80-90 persen terkait gejala penyakit, baru memberikan resep,” ungkap Irwan.

Terkait obat, Dana dan YesDok menyerahkan sepenuhnya kepada pengguna. Bisa ditebus di apotik terdekat rumah mereka, atau membeli secara online karena YesDok juga berkerja sama dengan berbagai apotik.

“Bedanya, di YesDok, pembelian obat tidak bisa dilakukan sebelum konsultasi dengan dokter. Jadi, dokter yang akan putuskan apakah pengguna aplikasi perlu untuk membeli obat atau tidak. Kami punya prinsip, tanyakan dulu obat-obatan apa yang tersedia di rumah, kalau tidak ada baru dokter menganjurkan untuk membeli. Hal ini untuk menghindari pembelian obat berlebihan yang tidak terpakai,” terang Irwan.

Selama pandemi ini, ujarnya, kapasitas YesDok dalam melayani konsultasi gratis mencapai 5000-6000 video call sehari. “Biasanya, sebelum pandemi jam 2 pagi tuh konsultasi sudah sepi, tapi sekarang tetap saja ramai. Keuntungan layanan kesehatan online, masyarakat tak perlu melakukan janji terlebih dahulu dengan dokter. Saat butuh, tinggal tekan fitur, maka dokter akan siap sedia melayani,” tutupnya.

Untuk mengakses layanan kesehatan YesDok, Moms dan Dads bisa langsung menuju fitur “Health” di aplikasi Dana dan pilih “Video Consultation”.

(Foto: Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *