Chilibeli Hadirkan Chilimart

Chilibeli, aplikasi perniagaan sosial pemberdayaan Ibu Rumah Tangga memperkenalkan lini usaha terbaru mereka, Chilimart. Ini adalah layanan B2B (Business to Business) dengan menargetkan pelaku usaha kecil dan menengah seperti pemilik warung, warteg, tukang sayur, restoran, katering, dan pemilik toko kelontong.

Untuk diketahui, total unit usaha UMKM saat ini mencapai 64,19 juta pelaku usaha, atau setara dengan 99,9% dari total UMKM. UMKM yang paling mendominasi masih usaha mikro yang mencapai 63 juta lebih unit usaha atau 98,68% dari total UMKM, lalu selanjutnya usaha kecil sebanyak 783 ribu lebih unit usaha (1,22%), usaha menengah 60 ribu lebih unit usaha (0,09%) dan usaha besar mencapai 5 ribu unit usaha (0,01%).

Nah, sebelum pandemi, banyak tantangan operasional dan logistik keseharian yang dihadapi oleh para pengusaha kecil ini. Yang terutama adalah durasi kerja. Pengusaha UMKM memulai hari sangat dini karena jarak tempuh ke pasar jauh guna mendapatkan harga lebih murah.

Tak berhenti di situ, distribusi cenderung panjang dan melewati beberapa tangan distributor, sehingga harga pun belum tentu yang terbaik. Pengorbanan tersebut mengakibatkan para pelaku UMKM tidak memiliki waktu dan energi yang cukup bagi keluarga serta anak-anak.

Mengerti akan kebutuhan tersebut, Chilibeli yang telah hadir di Jabodetabek, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Bandung, menghadirkan solusi belanja digital bagi pelaku UMKM, yakni Chilimart. Platform ini dirancang khusus bagi para pemilik usaha kecil seperti tukang sayur dan pengusaha grosiran yang memiliki usaha kecil sebagai sumber penghasilan utama.

Novel Leonardo (kiri), Commercial Manager B2B, Chilimart menjelaskan perihal layanan digital terbaru mereka pada konferensi pers virtual, Rabu (26/08)

“Mitra Chilimart pada umumnya memesan produk dalam jumlah besar dengan volume tinggi, sehingga harga pasti murah sehingga pemilik usaha dapat meraih margin lebih tinggi. Dengan hadirnya Chilimart, diharapkan para pebisnis UMKM memiliki work life balance sehingga hidup lebih bermakna,” ujar Novel Leonardo, Commercial Manager B2B, Chilimart pada konferensi pers virtual, Rabu (26/08).

Hal ini karena Chilimart hadirkan solusi bernilai lebih bagi para Mitra dengan menjawab segala tantangan yang dihadapi; pengiriman H+1 sehingga pemilik usaha tidak perlu tutup toko hanya untuk belanja, produk hadir dari tangan pertama sehingga harga tersebut adalah harga termurah di pasar, produk segar berkualitas dengan standar tinggi, kategori produk yang luas (sayur mayur, buah buahan, telur, daging, produk hidangan laut, minuman FMCG, dan produk FMCG non-konsumsi), serta banyaknya jajaran promo harian dan voucher yang tersedia setiap hari.

“Didukung oleh para pakar dalam manajemen Chilimart, Para Mitra akhirnya dapat menikmati waktu lebih untuk meningkatkan kualitas hidup atau naik kelas ekonomi dengan membuka usaha baru,” katanya.

Hingga kini, ungkap Novel, Chilimart telah memiliki 10 ribu pengguna aktif dari semua wilayah operasional mereka yakni Jabodetabek, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan Bandung. “Untuk daerah Jabodetabek sendiri, ada sekitar 6.000 pengguna aktif,” lanjutnya.

Dari sisi bisnis, Chilimart berperan untuk mendorong model rantai pasok terpadu Chilibeli. Untuk membantu Mitra mendapatkan produk pesanan langsung dari petani atau produsen lokal, Chilimart dapat mendorong volume pesanan sesuai dengan segmen atau kategori produk pemesan (Mitra), sehingga Chilibeli dapat menjalankan praktik pasokan efisien langsung dari para petani dan pemasok lokal yang berujung pada penawaran harga lebih kompetitif dan kualitas produk yang lebih baik.

“Kami mengundang tukang sayur, pemilik warung, pengusaha grosiran, rumah makan, hingga pengusaha horeka di Jabodetabek, Surabaya, dan Bandung, untuk melihat kesempatan ini sebagai sebuah solusi digital bernilai lebih dalam memaksimalkan pemasukan bisnis,” tambah Novel.

Chilimart menjanjikan komisi berupa voucher belanja bulanan sekitar 1-3 persen tergantung pencapaian angka total belanja Mitra. Cara bergabung pun mudah: pengguna (dalam hal ini pemilik usaha) klik Playstore, ketik Chilimart, unduh aplikasi, masukkan nomor telepon dan buat password, kemudian cocokkan kode OTP. Setelah itu, masukkan juga informasi detail kontak dasar dan informasi tempat usaha seperti foto dan lokasi sesuai GPS. Pesanan akan dikirim dari gudang Chilibeli H+1.

“Kami berharap semakin banyak pengusaha UMKM dapat merasakan fasilitas ini segera karena komitmen kami untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mendorong kesempatan berusaha kecil pun semakin mantap dengan hadirnya Chilimart, solusi digital bermakna persembahan khusus dari Chilibeli,” tutup Novel.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *