Kesehatan jiwa kerap dikaitkan dengan stres. Stres, kalian pasti sering mendengar kata-kata itu. Apalagi di saat pandemi. Banyak perubahan  terjadi, yang menuntut kita beradaptasi. Stres merupakan reaksi, baik secara fisik maupun emosional yang disebabkan adanya tuntutan atau beban. Tuntutan atau beban tersebut bisa berasal dari keluarga, teman, ataupun sekolah. Nah, perasaan stres bisa dirasakan siapa saja, lho, tanpa memandang usia.

Beberapa Penyebab Stres:

  1. Tuntutan Akademis

Cemas akan prestasi di sekolah, takut membuat kesalahan ataupun merasa tidak pandai dalam sesuatu hal.

  1. Terjadi Perubahan Besar dalam Keluarga

Perubahan besar dalam keluarga seperti kehilangan anggota keluarga, tambah anggota keluarga, dan pindah rumah misalnya, bisa memengaruhi kondisi psikis kalian.

  1. Bullying atau Perundungan

Tak hanya kekerasan dengan kata-kata seperti ejekan, juga kekerasan fisik yang dilakukan orang lain.

  1. Berita di TV maupun Medsos

Di era digital saat ini, kita bisa dengan mudah mengakses segala informasi tentang berbagai peristiwa. Saat membaca berita buruk tentu akan membuat sedih dan takut hal itu terjadi pada diri sendiri.

  1. Jadwal Terlalu Padat

Terlalu banyak les atau kegiatan lainnya, tanpa ada waktu bermain tentu bisa menimbulkan beban.

Untuk mengetahui apakah kamu sedang mengalami stres atau tidak, berikut ada beberapa tandanya, nih:

  1. Perubahan Perilaku

Kamu mengalami perubahan perilaku atau fisik seperti; cemas, gugup, menggigit-gigit kuku, mengisap jempol, dan lain sebagainya. Ciri lainnya , jadi lebih manja, takut ditinggal sendiri, dan selalu ingin dekat orangtua.

  1. Perubahan Emosional

Kamu jadi lebih agresif ataupun kebalikannya jadi lebih murung, sering melamun, dan selalu ingin menyendiri. Ingin melawan aturan. Tidak bisa tidur dan selalu mimpi buruk, sulit berkonsentrasi, takut gelap, takut sendirian atau orang asing. Sedih lebih lama dan kehilangan minat terhadap banyak hal.

  1. Perubahan Kesehatan

Perubahan fisik yang berkaitan dengan kesehatan seperti mengompol, gatal-gatal, pegal-pegal, sakit perut, sakit kepala serta kurang nafsu makan.

 

Agar Tidak Stres

Selalu luangkan waktu untuk bisa rileks atau santai sejenak di sela-sela padatnya aktivitas. Bicarakan apa yang dirasa pada Mama, Papa, Kakak, Kakek, Nenek, atau orang yang kalian percaya. Habiskan waktu bersama keluarga dengan aktivitas menyenangkan seperti bermain, berjalan-jalan, berkebun, memasak ataupun berlibur.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *