Teman-teman pasti pernah mendengar peristiwa bencana alam tanah longsor. Di benak teman-teman, pasti juga sering terlintas pertanyaan, mengapa ya tanah longsor bisa terjadi? Yuk, kita cari tahu jawabannya!

Tanah longsor sebenarnya adalah gerakan massa tanah. Tanah longsor biasa terjadi sesudah hujan lebat atau hujan yang berkepanjangan. Para ahli menyimpulkan adanya hubungan antara hujan tahunan dan frekuensi longsoran. Jika curah hujan semakin banyak, tanah longsor terjadi dimana-mana.

 

Resapan Air

Salah satu faktor yang memicu tanah longsor adalah resapan air. Sebab, kestabilan lereng yang tanahnya berlempeng, sangat dipengaruhi oleh banyaknya air yang meresap ke dalam lereng.

Masuknya air hujan ke dalam tanah melalui pori-pori tanah, membuat berat tanah bertambah. Oleh karena itu, tanah longsor sering terjadi pada tempat-tempat air hujan meresap ke dalam tanah yang kurang padat.

 

Tanda-Tanda

Tanda awal dari longsoran adalah adanya retakan pada bagian atas lereng. Retakan ini bila tidak segera ditutup, saat hujan akan terisi air. Akibatnya, selain melunakkan tanah juga menambah gaya horizontal yang memicu longsoran.

Ancaman tanah longsor biasanya dimulai ketika terjadi peningkatan intensitas curah hujan. Musim kemarau yang panjang juga menyebabkan terjadinya penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar. Hal ini menyebabkan munculnya pori-pori atau rongga tanah sehingga terjadi retakan di permukaan tanah.

Ketika hujan, air menyusup ke dalam tanah melalui bagian-bagian yang retak. Melalui tanah yang retak itu, air akan masuk dan terakumulasi di bagian dasar lereng, sehingga menimbulkan gerakan lateral atau gerakan tanah sepanjang bidang longsor.

 

Pencegahan

Untuk mencegah terjadinya tanah longsor, perlu digalakkan penanaman pohon di hutan-hutan yang gundul.

Jika di daerah perbukitan muncul retakan tanah, segera tutup retakan itu dan padatkan agar air tidak dapat masuk ke dalam tanah.

Hindari melakukan penggalian di bawah lereng terjal. Hindari pula mendirikan bangunan di lereng perbukitan.

Nah.. sudah tahu kan apa itu tanah longsor? Mengerikan sekali ya jika tempat tinggal kita terkena bencana tersebut. Kita juga bisa mencegah tanah longsor dengan menanam banyak pohon. Ayo kita lakukan!

 

Teks & Ilustrasi: JFK

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *