Rupanya, korban gempa anak-anak begitu mendapat perhatian dari lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Menarik, karena pada hari ini, Jumat, 11 Maret 2022, sebanyak 10 truk khusus diberangkatkan ke wilayah Pasaman Barat, Sumatera Barat. Bantuan untuk para korban gempa tersebut, tak hanya berupa beras, makanan, pakaian baru, vitamin, obat-obatan, susu, kebutuhan bayi, peralatan kebersihan, sanitasi, serta perlengkapan ibadah, tapi juga mainan untuk anak-anak.

“Harus diakui, anak-anak korban bencana alam, tentu akan mengalami efek psikologis yang cukup dalam. Oleh karena itu, ACT juga hadir mendampingi anak-anak, memberikan bantuan berupa mainan, agar bisa menghibur dan mengurangi rasa trauma yang dialami anak-anak korban gempa Pasaman Barat,” ujar Presiden Aksi Cepat Tanggap, Ibnu Khajar.   “Dari kantor Aksi Cepat tanggap ada lima truk yang kami berangkatkan. InsyaaAllah, satu truk dari salah satu perusahaan donatur langsung berangkat ke Pasaman Barat. Dan truk-truk dari titik-titik lainnya juga bergabung. InsyaaAllah total bisa lebih dari 10 truk,” tambah Bapak Ibnu.

Leader Regional ACT Jakarta-Banten Muhamad Basair menjelaskan, bantuan ini merupakan derma masyarakat Indonesia melalui cabang-cabang ACT Regional Jakarta-Banten, yaitu Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Selain itu, bantuan ini juga merupakan mitra kolaborasi bersama Asar Humanity, Frisian Flag Indonesia, PT Tira Satria Niaga, Yoko Fashion Shop, BALLA BOO, PT Berdikari Enggal Sukses Honda, JNE, Duopharma, dan 212 Mart.

“ACT lembaga yang cepat dan luas jangkauannya. Kami yakin tidak salah menitipkan bantuan. Semoga seiring kecepatan bantuan diberangkatkan, manfaatnya juga akan diterima dengan cepat oleh penerima manfaat. Semoga para dermawan juga mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT,” ucap Bapak Dicky Irawan dari ASAR Humanity sebagai perwakilan donatur.

Sebelumnya, ACT juga telah memberangkatkan sejumlah armada kemanusiaan untuk memenuhi kebutuhan korban gempa Pasaman Barat, Jumat (25/2/2022). Armada yang diberangkatkan adalah Humanity Food Truck, Humanity Food Bus, armada rescue double cabin, ambulans pre-hospital. Namun, bukan berarti dukungan untuk korban gempa berhenti di sini, bantuan terbaik masih terus dibutuhkan hingga keadaan benar-benar pulih.

“Kami sampaikan kepada saudara kami di Pasaman Barat, mereka tidak sendirian menghadapi bencana ini. Duka mereka, duka kita. Tangis mereka, tangis kita. Sakitnya mereka adalah sakitnya kita. Maka hari ini, kita segera berangkatkan bantuan. Tim medis sudah kami berangkatkan, relawan juga sudah kami berangkatkan. Layanan terus berjalan, dapur-dapur umum juga terus diaktifkan. InsyaaAllah, Bismillah, bantuan akan kita lanjutkan sampai recovery,” tandas Bapak Ibnu.

Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *