JAKARTA, majalahjustforkids.com – Puluhan anak terlihat ceria dan aktif menikmati berbagai permainan dan fasilitas yang ada di playground Youreka Kids Garden pada siang menjelang sore, Sabtu, 17 Desember 2022.

Di gedung yang terdiri dari dua lantai dengan dinding dihiasi gambar-gambar karakter tersebut, anak-anak bebas bermain dan menikmati berbagai fasilitas yang ada.

Beberapa orangtua yang mendampingi, nampak memperhatikan aktivitas sang anak sambil sesekali mendokumentasikannya.

Di lantai satu, beberapa anak ada yang asyik bermain mandi bola, seluncuran, mengecat kuku, menghias kue, dan menanam pohon.

Aktivitas menghias kue

Adapun di lantai dua, aktivitas seru sudah menyambut. Ya, anak-anak bisa belajar dan mengenal hal baru seperti bagaimana proses membuat keju dari susu sapi, proses membuat madu, membuat teh, dan juga aktivitas berbelanja seperti halnya di supermarket. Naaah….seru, kan?

Ya, menyambut libur akhir tahun, Youreka World Hadirkan Playground Edukatif Berkonsep Taman, Youreka Kids Garden kedua, di kawasan Taman Kedoya, Jl. Kedoya Raya A15 No.27, Jakarta Barat.

Oh iya, sebelumnya, di tahun 2019, Youreka World juga telah meluncurkan playground edukatif pertama yaitu Youreka Kids Farm yang merupakan first indoor playground berlokasi di Kuningan City, Jakarta Selatan dengan mengusung konsep peternakan dan perkebunan.

Ki-ka: Priscilla Catalia (Partner Youreka Kids Garden), MC, dan Director Youreka World, Michael Ruly Atmadja.

Director Youreka World, Michael Ruly Atmadja mengungkapkan bahwa bermain adalah salah satu pengalaman terpenting dalam perkembangan anak usia dini.

Sayangnya, kata Bapak Michael, masih jarang tempat edutainment di Jakarta karena rata-rata hanya playground saja.

“Kalau disini, bisa bermain sekaligus belajar. Masih berpotensi untuk berkembang karena biasanya jauh-jauh, seperti di Bogor, Bandung, kalau di Jakarta masih jarang sarana edutainment seperti ini,” ungkap Bapak Michael.

“Oleh karena itu, kami bangga dapat melayani anak Indonesia dengan menyediakan tempat bermain dan belajar yang dirancang khusus dengan konsep luar biasa, terinspirasi dari kesenangan, hiburan, dan pembelajaran melalui pengalaman bermain peran di dunia nyata. Youreka Kids Garden hadir sebagai tempat bermain sekaligus belajar bagi anak seiring dengan tumbuh kembang fisik dan mentalnya,” ujar Bapak Michael.

Menurut Ibu Priscilla Catalia, Partner Youreka Kids Garden, di sini orangtua juga bisa melakukan observasi, apakah anaknya percaya diri atau tidak, dan bagaimana dia bersosialisasi dengan orang lain, malu-malu atau tidak.

Aktivitas membuat teh dari mulai daun hingga menjadi bubuk

Belajar dari pandemi Covid-19 kemarin, lanjut Ibu Priscilla yang akrab disapa Lala, karena hanya di rumah saja, banyak orangtua merasa bahwa anak mereka jadi kurang untuk perkembangan kognitif (mental), sensorik (stimulasi indera perasa), dan juga motoriknya (gerakannya).

“Dengan datang ke sini, bukan cuma bermain, anak juga diajari proses pengolahan makanan dari awal hingga akhir. Misal dari proses sapi makan rumput, menghasilkan susu, lalu bagaimana susu diolah hingga menjadi butter atau keju. Tak hanya bermain, tapi juga edukatif. Meningkatkan kognitif, sensorik, dan juga motoriknya,” terang Ibu Lala.

Buka setiap hari, saat weekday (Senin-Jumat) pukul 11 siang sampai 7 malam dan weekend (Sabtu-Minggu) pukul 9 pagi sampai 8 malam, dengan luas 800 meter, Youreka Kids Garden terdiri dari dua lantai dengan 9 wahana bermain.

Pada lantai pertama terdapat empat area permainan, yaitu Yuyu Garden, Riri Greenhouse, Flower Market, dan Ball Pool.

Aktivitas berbelanja layaknya di supermarket

Sedangkan, lantai kedua terdapat lima area permainan, yaitu Cow Barn, Butter Factory, House of Tea, Honey House, dan Rere Market.

Selain itu terdapat juga area outdoor untuk aktivitas belajar anak mengenal sambil menyiram tanaman dan bermain traktor.

Youreka Kids Garden pun menyediakan multipurpose room yang dapat digunakan untuk keperluan event seperti private party, field trip sekolah maupun perayaan ulang tahun.

Harga tiket masuk selama dua jam untuk hari Senin-Jumat Rp 150.000, sementara untuk akhir pekan (Sabtu-Minggu) seharga Rp 180.000. Sementara untuk pendamping yang juga ingin ikutan masuk, harga tiketnya Rp 50.000 saat weekday dan Rp 75.000 saat weekend.

“Kegiatan bermain sambil belajar juga menjadi salah satu aktivitas yang bisa disiapkan untuk mengisi waktu di momen liburan. Untuk itu, Youreka Kids Garden diharapkan dapat menjadi pilihan bagi orang tua untuk menghabiskan waktu bersama anak dan keluarga selama masa liburan. Kami memahami bahwa pada usia dini, rasa ingin tahu anak untuk mengeksplorasi dan bereksperimen sangatlah besar sehingga membutuhkan dukungan dari orang tua untuk mengembangkan rasa penasarannya dan kami bangga dapat menghadirkan wahana bermain edukatif untuk anak Indonesia,” ucap Bapak Michael.

Aktivitas menanam pohon

Dunia anak-anak adalah bermain. Aktivitas bermain menjadi kegiatan menyenangkan yang memiliki manfaat untuk tumbuh kembang anak, karena dapat menstimulasi perkembangan kognitif, melatih sistem motorik serta menjadi momen untuk belajar dan memperkenalkan hal baru pada anak.

Untuk itulah, bermain sambil belajar dianggap sebagai metode pendidikan yang paling efektif dalam melatih kemampuan anak khususnya pada anak usia dini.

Seperti yang diusung oleh Youreka World, wahana bermain anak yang mengusung konsep edutainment playground. Youreka World dirancang untuk menyempurnakan imajinasi anak, dan juga tempat untuk menambah wawasan anak melalui bermain dan belajar, seperti melatih keterampilan sensorik, motorik hingga role play experience.

Foto-foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *