Kamu suka nonton film, Kids? Berawal dari suka menonton film, bisa jadi kamu juga bakalan suka dengan pekerjaan di dunia film. Salah satunya adalah menjadi sutradara.

Keren atau tidaknya sebuah film untuk ditonton, tergantung dari sutradara, Kids. Sebab, sutradaralah yang memegang kendali dalam pembuatan sebuah film. Ia bertanggungjawab terhadap segala hal teknis, cerita, dan proses kreatif di film.

Memimpin Casting

Sebelum film dibuat, tugas sutradara adalah memilih kru dan pemeran film yang cocok. Proses ini biasa disebut dengan casting. Melalui casting, aktor dan aktris yang cocok dengan peran akan terpilih. Sutradara juga memilih kru sebagai bawahannya, seperti, asisten sutradara, penata kamera, penata musik, penulis skenario, dan lain-lain.

Action… Cut…

Setelah semua pemeran dan kru ada, barulah film dibuat. Sutradara mengatur bagaimana proses pengambilan gambar, lokasinya, dan akting masing-masing pemeran. Ia juga harus memastikan bahwa film yang dibuatnya sesuai dengan cerita yang sudah tulis. Pada proses ini, sutradaralah yang biasa berteriak; “Action!”. Kalau pengambilan gambar sudah selesai atau tidak sesuai dengan keinginannya, maka sutradara dengan lantang berteriak; “Cut!”.

Film, Sinetron, Video Klip

Jika pengambilan gambar sudah selesai, maka proses editing dimulai. Di sini, sutradara menyatukan gambar-gambar dan menilai hasilnya. Bila sudah sesuai dengan yang diharapkan, barulah film tersebut siap ditayangkan di bioskop, Kids. Oh iya, nggak hanya di film saja, sutradara juga dibutuhkan untuk video klip, sinetron, dan iklan televisi. Tertarik jadi sutradara? Action!

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *