Berdasarkan survey YouGov BrandIndex di kuartal keempat 2021 yang melibatkan lebih dari 1.800 responden, DANA menjadi dompet digital pilihan bagi 30% responden untuk melakukan transfer uang setelah mobile banking (42%) dan ATM (36%). Temuan menarik lainnya, fitur Kirim Uang DANA banyak diminati oleh pengguna usia muda, yaitu 18 – 34 tahun (34%).

Hasil ini melanjutkan capaian di kuartal-kuartal sebelumnya dan mengukuhkan DANA sebagai dompet digital pilihan masyarakat untuk berkirim uang, baik ke sesama pengguna maupun ke akun rekening lain. Sepanjang 2021, DANA mencatat lebih dari 350 juta total transaksi menggunakan fitur Kirim Uang dengan rata-rata 30 juta transaksi per bulan. Bahkan di bulan Desember 2021, pertumbuhan transaksi fitur Kirim Uang mencapai lebih dari 360% (year on year).

“Pengiriman uang menggunakan dompet digital sudah menjadi budaya baru dalam kehidupan masyarakat.  Untuk menyambut adopsi masyarakat yang tinggi sepanjang tahun lalu dan di tahun mendatang, kami akan selalu memastikan proses pengiriman uang tetap berjalan aman, mudah, dan nyaman,” kata Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia.

Fitur Kirim Uang dalam aplikasi DANA merupakan salah satu fitur yang paling digemari pengguna karena menghadirkan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan dalam melakukan transfer uang. Kemudahan yang ditawarkan diantaranya fleksibilitas dalam menggunakan beberapa pilihan sumber dana, yaitu saldo DANA, kartu debit ataupun kartu kredit, serta mengirimkannya melalui berbagai cara seperti antar pengguna, chat, hingga link.

Fitur Kirim Uang DANA juga memberikan kenyamanan karena pengiriman uang yang lebih mulus dan cepat. Sementara untuk keamanan, fitur Kirim Uang dilindungi oleh teknologi keamanan terdepan yang berlapis. Sepanjang tahun lalu, DANA juga banyak melakukan pembaruan pada fitur Kirim Uang, termasuk kemudahan untuk melacak, memantau dan menelusuri langsung proses pengiriman uang pengguna dan menambahkan kolom ‘Favorit’ untuk memudahkan pengiriman uang.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap fitur Kirim Uang dan aplikasi DANA secara keseluruhan, tidak hanya untuk mempercepat adopsi dompet digital tapi juga mendongkrak inklusi keuangan digital masyarakat,” ujar Rangga.

Pertumbuhan Jumlah Pengguna

Berdasarkan pantauan YouGov, DANA menjadi dompet digital dengan pertumbuhan pengguna paling pesat sepanjang tahun 2021. Selama tahun 2021, jumlah pengguna DANA bertambah 45 juta atau tumbuh 90%, mencapai total 95 juta pengguna.  Secara tahunan, perolehan ini merupakan yang tertinggi sepanjang perjalanan DANA sejak resmi diluncurkan pada bulan Desember 2018 sekaligus melanjutkan tren pertumbuhan yang positif. Pada tahun sebelumnya, jumlah pengguna DANA bertambah 10 juta dari 40 juta menjadi 50 juta pengguna. Saat ini, jumlah pengguna DANA bahkan sudah menembus 100 juta.

“Pertumbuhan pengguna kami juga menandakan kesiapan masyarakat akan pemanfaatan dompet digital. Dengan mengedepankan teknologi inovasi dalam fitur-fitur kami, masyarakat telah melihat dompet digital sebagai solusi untuk berbagai kebutuhan,” tutup Rangga.

Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *