Bukan hanya manusia dan binatang saja yang punya umur terbatas. Ternyata, benda-benda di angkasa seperti bintang juga memiliki batas usia. Bintang yang usianya sudah berjuta-juta atau miliaran tahun, akhirnya akan meledak dan musnah berkeping-keping.

Apa tanda-tandanya? Bintang yang akan mengalami akhir usia (supernova) cahayanya tidak seperti biasanya. Dia akan mengeluarkan cahaya lebih terang cemerlang. Kecemerlangannya bahkan mencapai jutaan kali lipat pada saat masih normal. Pada saat meledak, pancaran energi yang dikeluarkan dalam beberapa detik saja, dapat menyamai pancaran energi sebuah bintang dalam kurun waktu jutaan hingga miliaran tahun.

Supernova terjadi dikarenakan habisnya usia suatu bintang. Penyebabnya karena bahan-bahan penyusun seperti nuklir pada inti bintang dan persediaan hidrogen di dalam tubuh bintang, telah habis sehingga tidak ada lagi penyokong hidupnya. Oleh karena itu, bintang akan mati dan melakukan supernova.

Muncul Neutron

Lalu muncul pertanyaan, apa yang terjadi setelah supernova? Kemana saja kepingan benda-benda dari peristiwa supernova? Bintang yang meledak adalah bintang yang berukuran besar. Ketika sebuah bintang raksasa mengalami supernova, bagian luar yang meledak akan membentuk nebula sementara bagian inti bintang tersebut akan mengecil menjadi sebuah bintang yang disebut bintang neutron atau Pulsar.

Bintang neutron adalah bintang yang sangat kerdil, diameter rata-rata hanya 10 kilometer. Kebanyakan tidak tampak oleh teleskop biasa dan hanya bisa dideteksi keberadaannya dengan radio teleskop yang mengandalkan gelombang radio. (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *