Tanya: Halo namaku Viko, usiaku 12 tahun. Apakah usia anak-anak perlu mengonsumsi vitamin D? Pada makanan apa saja kita mendapatkan vitamin D tersebut? Yang aku tahu hanya dari susu saja. Terima kasih. Viko, Kelas 6 – Bandung

Jawaban dokter Chintya:
Hai Viko, terima kasih atas pertanyaannya. Salah satu fungsi vitamin D adalah untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor yang kita konsumsi ke dalam usus. Tanpa vitamin D yang cukup, maka tubuh kita hanya dapat menyerap 10-15 persen kalsium yang ada dalam makanan, sementara apabila kandungan vitamin D dalam darah normal, maka penyerapan kalsium dapat meningkat sampai 30-40 persen. Itulah sebabnya jika kadar vitamin D dalam tubuh kita rendah, maka cadangan kalsium juga menjadi rendah sehingga tulang kita menjadi lebih rapuh dan mudah patah. Pada anak-anak, kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan riketsia yang ditandai dengan pembengkokan tulang kaki. Selain itu vitamin D juga mempunyai fungsi lain dalam membantu kerja sel-sel tubuh.
Sayangnya, hanya sedikit sekali makanan yang mengandung vitamin D dengan jumlah yang cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh kita. Jenis makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan laut seperti salmon dan mackerel, minyak ikan, hati sapi, susu sapi yang difortifikasi dan produk turunannya, sereal yang difortifikasi, serta kuning telur.

Konsultan: 

dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A
Dokter Spesialis Anak
RS Pondok Indah – Puri Indah

(Ilustrator : Agung)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *