Suka Masak? 100 Resep Hidangan Rumahan Praktis ala Rozma Suhardi Ini Patut Dicoba!

Kamu suka memasak, Kids?Atau, suka bantu-bantu Mama nyiapin masakan di dapur? Hmm, rasanya seru ya kalau memasak. Apalagi pas giliran icip-mencicip, nikmat, hehe…

Masakan rumahan buatan Bunda biasanya selalu dinanti-nantikan keluarga, ya. Tapi terkadang, Bunda suka kerepotan nih memikirkan kreasi masakan apa lagi yang akan dihidangkan dari hari ke hari.

Kini, tak perlu bingung lagi. Kabar baik ini berlaku tak hanya untuk Bunda, namun bagi kalian pehobi masak-memasak. Sebab, pada Selasa (12/11) di Kinokuniya Plaza Senayan, Jakarta,  Penerbit Gramedia Pustaka Utama resmi meluncurkan buku masak terbaru “100 Resep Hidangan Rumahan Easy & Quick” karya Rozma Suhardi.

(kiri – kanan) Vita Datau, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Rozma Suhardi pada acara peluncuran buku masak “100 Resep Hidangan Rumahan Easy & Quick” di Kinokuniya Plaza Senayan, Jakarta (12/11).

Rozma Suhardi adalah pemilik usaha bakery &cafe serta ibu dari dua anak. Ia sangat mencintai dunia masak-memasak sejak kecil. Perempuan berdarah Bugis ini kerap menyaksikan sang Ibu memasak di dapur. Memori itu tak pernah lekang dari ingatannya.

Setelah ia menikah, barulah Rozma benar-benar menekuni hobinya di dunia memasak. Nalurinya sebagai istri ingin selalu menyajikan makanan terbaik untuk sang suami. Apalagi ia pun sudah mempunyai dua orang buah hati. “Suami dan anak-anak adalah juri yang paling jujur dan bawel, terutama suami. Kalau nggak enak, dia bakal bilang nggak enak. Ini membuat aku terus belajar, dan nggak usah pakai sakit hati ya ibu-ibu…” ujarnya di sela-sela acara peluncuran buku.

Tampilan depan buku “100 Resep Hidangan Rumahan Easy & Quick” karya Rozma Suhardi

Lewat buku “100 Resep Hidangan Rumahan Easy & Quick” ini, ia membagi-bagikan resep-resep praktis andalannya saat membuat hidangan istimewa untuk keluarga, dengan bahan-bahan yang mudah didapat. “Semua resep di buku ini sudah dicoba sama keluarga maupun teman-teman aku. Kebetulan sebagian resep adalah menu sehari-hari anak aku. Maklum, anak-anak suka pilih-pilih makanan ya. Jadi, di sini aku berkreasi mengolah makanan menjadi aneka varian. Misalnya, anakku kan suka ayam, jadi walau bahannya sama, tapi cara pengolahannya beda. Aku selalu tanya mereka, gimana rasanya? Kalau mereka bilang nggak enak, maka menu itu nggak aku masukin dalam resep di buku. Jadi, semua resep di sini adalah yang disuka terutama sama keluargaku,” katanya seraya menyebutkan bahwa ia memotret sendiri hasil masakan yang ditampilkan dalam buku.

Untuk proses pembuatan buku sendiri berlangsung selama 6 bulan. Rozma mengatakan bahwa target dari buku ini bukan hanya ibu-ibu, melainkan siapa saja yang suka memasak, “Mulai dari anak-anak atau orangtua, siapapun dia, kalau dia suka masak, atau mau belajar masak, maka buku ini cocok untuknya,” tambahnya.

Ayam Kemangi, salah satu resep dalam buku masak “100 Resep Hidangan Rumahan Easy & Quick” karya Rozma Suhardi

Ia menegaskan bahwa bahan-bahan yang digunakan dalam buku resep ini adalah yang simpel dan mudah didapatkan, “Di warung-warung juga banyak, kok,” ujarnya seraya menyebutkan bahwa bawang putih, lada, bawang merah, asam jawa, cabai adalah beberapa bahan yang paling sering digunakan dalam 100 resep di buku tersebut.

Rozma Suhardi sendiri kini memiliki lima bidang usaha bakery dan cafe. Yaitu @amyandcake sebagai pelopor usaha cake yang dimilikinya, @vavacake_premiumcake yang bekerja sama dengan Titi Kamal, @rotimamania dan @rarai.coffeetea yang bekerja sama dengan Nia Ramadhani Bakrie, @waluma.id yang bekerja sama dengan Luna Maya dan terakhir cafe mungil di bilangan Senopati @rosiecafe.

Buku resep karyanya ini, berangkat dari hobinya yang suka memasak untuk keluarga, juga terinspirasi dari kenangan sang Ibu. “Buku ini sekaligus juga merupakan nostalgia masa kecilku. Beberapa masakan di dalamnya adalah masakan yang ibuku selalu masak untuk kami sekeluarga. Aku ingin berbagi kebahagiaan yang ibuku dan aku rasakan. Selamat mencoba, semoga kebahagiaan yang aku rasakan akan terpancar kepada semua,” tutupnya.

Buku 100 Resep Hidangan Rumahan Easy &Quick saat ini sudah tersedia di berbagai toko buku dan toko buku online dengan harga Rp. 190.000 dengan tebal 264 halaman. 100 resep di dalamnya dibagi menjadi lima bagian utama jenis hidangan yakni : brunch, lunch, dinner, party, dan dessert.

Resep-resep dalam buku ini bisa kamu dan Bunda jadikan acuan dan penyelamat saat kehabisan ide dalam memasak.

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *