Tanya : Halo namaku Tita, usiaku 9 tahun. Aku paling hobi makan makanan manis seperti; permen, cokelat, cake, es krim. Kata Mama, terlalu banyak makan makanan manis tidak baik untuk kesehatan, benarkah? Bagaimana mengurangi makan makanan manis ya, Dok? Terima kasih. Tita, Kelas 3 – Yogyakarta        

Jawaban dokter Diana:
Hai Tita, apa kabar? Semoga Tita selalu dalam kondisi sehat, ya. Wah, terlalu banyak makan makanan manis tidak baik, lho! Makanan manis seperti permen, cokelat, cake/kue, es krim, serta minuman manis lainnya mengandung kalori yang tinggi. Apabila dikonsumsi terus-menerus dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan. Makanan manis juga mengandung gula sederhana yang dapat meningkatkan risiko diabetes (kencing manis), kerusakan gigi (karies), dan berbagai penyakit lainnya.
Untuk mengurangi makanan manis, Tita dapat mengganti makanannya dengan mengonsumsi buah-buahan segar, ya. Selain mendapat vitamin dan mineral, Tita bisa mendapat asupan serat juga dari buah tersebut. Selamat hidup sehat ya, Tita.

Konsultan: 

dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK
Dokter Spesialis Gizi Klinik
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrator : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *