Tanya: Halo namaku Tara, usiaku 8 tahun. Setiap makan makanan yang masih panas aku pasti meniupnya. Tetapi, kalau ketahuan Mama, aku pasti dimarahi. Katanya makan tidak boleh ditiup, pamali. Sebenarnya, mengapa kita tidak boleh meniup makanan? Terima kasih. Tara, Kelas 1 SD – Cimahi

Jawaban dokter Robert:
Halo Tara, ada dua alasan mengapa kita tidak boleh meniup makanan yang masih panas sebelum dimakan:

  1. Berpotensi mengganggu kesehatan. Meniup makanan panas dapat memindahkan kuman berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.  Terdapat penelitian yang meneliti jumlah kuman pada makanan panas yang ditiup dan tidak ditiup. Hasilnya adalah lebih banyak kuman pada (makanan) yang ditiup. Kuman yang ada di mulut Tara dapat berpindah ke dalam makanan. Apalagi saat kita meniup makanan yang akan diberikan pada orang lain, maka orang lain dapat tertular kuman dari tubuh kita.
  2. Mengganggu keseimbangan asam dalam tubuh. Saat meniup makanan, tubuh akan melepaskan karbon dioksida (CO2) dan karbon monoksida (CO). Karbon dioksida yang dilepaskan bereaksi dengan partikel air (H2O) di dalam makanan dan menghasilkan pembentukan asam karbonat (H2CO3). Karbon monoksida itu sendiri saja sudah beracun. Jadi, kalau Tara mengonsumsi makanan setelah meniupnya, maka tubuh Tara akan mendapatkan lebih banyak asam karbonat dan karbon monoksida. Hal tersebut dapat berisiko mengganggu keseimbangan asam atau alkali di dalam tubuh, yang mengakibatkan ketidakseimbangan metabolisme.

Jika makanan yang akan Tara makan masih panas, tunggulah beberapa saat agar makanannya dingin terlebih dahulu. Jika ingin menyantapnya segera, lebih baik mengonsumsinya sedikit demi sedikit. Sisihkan terlebih dahulu sedikit demi sedikit ke wadah lain yang bentuknya agak pipih sampai uap panas berkurang, baru dimakan, ya.

Konsultan: 

dr.Robert Soetandio, Sp.A, M.Si.Med
Dokter Spesialis Anak
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrator : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *