Pada tahun 2030-2040, Indonesia diperkirakan mengalami fase bonus demografi, yaitu suatu periode dengan jumlah penduduk usia produktif yang mencapai dua per tiga dari keseluruhan populasi.

Sementara, angka pengangguran dan ketersediaan lapangan kerja masih menjadi tantangan pemerintah. Mengambil langkah proaktif mengantisipasi situasi tersebut, Citi Indonesia (Citibank) bersama mitra pelaksana Indonesia Business Links (IBL), kembali mengadakan Skilled Youth Program guna membekali kemandirian finansial kepada generasi muda Indonesia.

“Citi menaruh perhatian penting terhadap generasi muda dalam program sosial kemasyarakatan yang kami jalankan. Salah satunya melalui Skilled Youth Program tahap III ini, di mana kalangan muda Indonesia berpeluang meraih kesempatan ekonomi lebih baik berkat peningkatan kompetensi diri yang telah diperoleh sehingga siap menjadi tenaga kerja ataupun wirausahawan muda handal. Kami berharap inisiatif yang kami laksanakan secara berkesinambungan ini dapat turut berkontribusi dalam hal penurunan jumlah pengangguran di Indonesia,” ujar Chief Executive Officer Citi Indonesia Bapak Batara Sianturi.

Menjadi keberlanjutan dari aktivitas CSR perusahaan di bawah payung Citi Peka (Peduli dan Berkarya), Skilled Youth Program tahap ketiga ini berhasil melibatkan 384 generasi muda berusia 15-24 tahun selama periode Agustus 2018 sampai Juli 2019. Secara total Skilled Youth Program telah dijalankan selama 3 tahun dan berhasil memberikan manfaat dan dampak positif terhadap lebih dari 800 generasi muda di kawasan industri. Program ini merupakan bagian dari komitmen global ‘Pathways to Progress’ yang diinisiasi oleh Citi Foundation dan bertujuan memberikan dampak positif kepada 500.000 anak muda di seluruh dunia termasuk di Indonesia hingga tahun 2020.

Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro (tengah kiri) bersama Chief Executive Officer Citi Indonesia, Bapak Batara Sianturi (kiri) didampingi Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Ibu Elvera N. Makki (kanan) meninjau beberapa produk karya kalangan muda peserta Skilled Youth Program, di Jakarta, hari ini (25/7).

Selama periode penyelenggaraan, Skilled Youth Program tahap III merangkul kalangan muda dengan menghadirkan rangkaian aktivitas secara terencana yang meliputi literasi finansial, penguatan karakter dan perilaku, pelatihan keterampilan teknis dan kewirausahaan, serta pendampingan pencarian kerja dan mentoring usaha. Pelaksanaan program juga melibatkan berbagai pihak, antara lain lembaga pelatihan, pemerintah, pelaku bisnis lokal, komunitas, dan tentunya Citi Indonesia, guna menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pemberdayaan kalangan muda.

“Kami percaya, tingkat pengangguran pada kalangan muda bisa teratasi apabila sektor bisnis, pemerintah, organisasi masyarakat dan akademisi dapat bekerjasama sinergis. Untuk itu, Citi Indonesia dan IBL bertekad melanjutkan program Skilled Youthke lebih banyak area cakupan. Tahun ini kami memperluas wilayah kolaborasi ke Purwakarta dan Bandung. Program Skilled Youth akan terus memberdayakan kalangan muda melalui peningkatan kemampuan, baik soft skill ataupun hardskill, demi meningkatkan kapasitas guna membuka kesempatan ekonomi yang lebih baik bagi mereka sendiri dan orang-orang di sekitarnya,” ujar Direktur Eksekutif Indonesia Business Links Bapak Mohamad Fahmi.

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *