Horeee… Liburan sekolah sudah tiba. Teman-teman berencana berlibur ke Malaysia atau Singapura? Kalau iya, jangan lewatkan yang satu ini deh, Kids.

Sea Life Malaysia, akuarium raksasa bertema interaktif  lego pertama di Malaysia, telah dibuka untuk umum sejak 9 Mei 2019 lalu. Nah, pada hari Sabtu (25/05/19) lalu, Just For Kids berkesempatan menghadiri peresmian pembukaan Sea Life Malaysia yang terletak di Legoland Malaysia Resort, Iskandar Puteri, Johor Bahru – Malaysia.

Menampung 13.000 Penghuni Laut

 Sore itu, suasana tampak ramai sekali. Banyak undangan yang hadir. Mulai dari Kakak-kakak jurnalis dari negara Malaysia, Indonesia, dan Singapura, teman-teman dari Junior Rangers, karyawan dan staf Sea Life Malaysia, hingga pengunjung resor Legoland.

Sea Life Malaysia terletak di depan Legoland Theme Park di Iskandar Puteri, Johor Bahru – Malaysia. Sejak dibuka, animo masyarakat sangat baik. Pada hari biasa (Senin – Jumat), tempat ini kedatangan sekitar 600 – 800pengunjung, dan mencapai 1000 pengunjung saat weekend (Sabtu – Minggu).  Tapi pada minggu kedua, pengunjung mencapai sekitar 3000 orang. Kebanyakan berasal dari Singapura dan Cina, karena bertepatan dengan masa liburan sekolah di negara mereka. 

Sea Life Malaysia letaknya bersebelahan dengan Legoland Theme Park. Bangunan 2 lantai berbalut dinding biru muda ini menampung sekitar 13.000 penghuni laut dari 120 spesies yang ditampilkan pada 25 tangki akuarium di 11 zona habitat berbeda.

Tentunya, kehadiran Sea Life Malaysia ini sangat ditunggu-tunggu. Sebab, akuarium raksasa ini akan melengkapi wahana hiburan dan edukasi yang telah ada sebelumnya di Legoland Malaysia Resort, yakni Theme Park (taman bermain) dan Water Park (taman air).

Bapak Kurt Stocks, General Manager di Legoland Malaysia Resort mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang dengan respons luar biasa dari pengunjung sejak awal peluncuran di awal bulan Mei. “Akuarium interaktif di Sea Life Malaysia menyediakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan menarik serta menggabungkan pendidikan dan konservasi. Dengan perpaduan pendekatan lego dalam membangun imajinasi melalui permainan, Sea Life Malaysia menjanjikan hiburan yang menyenangkan bagi seluruh keluarga,” ujarnya saat membuka acara grand launching Sea Life Malaysia.

(kiri – kanan belakang) Bapak Kristian Griffin, General Manager Sea Life Malaysia, Bapak Kurt Stocks, General Manager di Legoland Malaysia Resort, dan Ibu Thila Munusamy, Director Sales & Marketing Legoland Malaysia Resort, berfoto bersama Junior Rangers di acara peluncuran Sea Life Malaysia (25/05/19)

Sea Life Malaysia telah menarik minat penduduk lokal Malaysia maupun wisatawan dari Singapura, Indonesia, Thailand, Australia, dan Cina, yang menjadi pasar utama resor ini.  Kehadiran Sea Life Malaysia, diharapkan oleh Bapak Kristian Griffin, General Manager Sea Life Malaysia, dapat meningkatkan pendapatan pariwisata di Johor Bahru.  “Serta turut mendukung ambisi Malaysia untuk menjadi tujuan wisata regional yang bernilai tinggi pada tahun 2023, sebagaimana diuraikan dalam Johor Tourism Master Plan,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, mereka juga memberikan penghargaan kepada 18 Junior Rangers yang telah berpartisipasi menyebarluaskan soal konservasi kehidupan laut kepada khalayak luas.

Junior Rangers: Duta Sea Life

Bagi kalian yang belum tahu, Junior Rangers adalah anak-anak berusia 5 – 12 tahun yang merupakan brand ambassador (duta) Sea Life Malaysia. Mereka mencintai makhluk laut, tidak pemalu depan kamera, percaya diri untuk tampil di depan publik guna mempromosikan atau menyebarluaskan pentingnya perlindungan kehidupan laut.

Ibu Thila Munusamy, Director Sales & Marketing Legoland Malaysia Resort

Menurut Ibu Thila Munusamy, Director Sales & Marketing Legoland Malaysia Resort, ke-18 Junior Rangers ini terpilih setelah melalui seleksi ketat tahun lalu. “Dari lebih 100 kandidat, terpilihlah 18 anak yang terbaik. Mereka akan mewakili Sea Life Malaysia untuk waktu yang panjang, menjadi duta yang bertugas mengajak orang-orang mencintai makhluk laut dan melestarikan lingkungan, dan menyebarkan melalui media sosial,” paparnya kepada Just For Kids.

Yups, sebagai tempat perlindungan hewan laut, Sea Life Malaysia bisa menginspirasi anak-anak untuk belajar, mencintai dan merawat laut. Tak hanya memamerkan aneka biota laut yang unik dan menarik, banyak sekali program edukasi yang ditawarkan di Sea Life Malaysia.

Lego dan Spot Foto Instagrammable

Akhirnya tibalah saat yang ditunggu-tunggu. Para awak media termasuk Just For Kids berkesempatan mengeksplorasi lebih dekat kehidupan bawah laut di Sea Life Malaysia. Rombongan tour dibagi 3. Rombongan pertama adalah media Indonesia + Malaysia, diikuti oleh rombongan dari media Singapura dan terakhir Junior Rangers.

Staf berpengalaman dari Sea Life Malaysia sangat ramah, berpengetahuan dan siap sedia menjawab segala pertanyaan yang diajukan pengunjung

Memasuki Sea Life Malaysia, kita akan langsung merasakan sejuknya udara dari AC (Air Conditioner), Kids. Lalu mata akan disambut oleh deretan tangki berisi ikan-ikan yang cantik. Kakak staf dari Sea Life Malaysia yang ramah akan menjelaskan setiap pertanyaan dari pengunjung. Kalian bebas bertanya apa saja di sana, mengenai jenis ikan, makanannya, kebiasaannya, dan sebagainya.

Yang bikin akuarium ini unik, adalah tampilan desain-nya. Sangat cantik…  “Yang membuat Sea Life Malaysia unik dan berbeda dari seluruh Sea Life di seluruh dunia adalah adanya elemen-elemen lego dan variasi biota laut. Apalagi Sea Life Malaysia terhubung dengan Legoland Malaysia resort, jadi kami menawarkan destinasi wisata, hiburan sekaligus edukasi secara komplit, mulai dari hotel, taman bermain, taman air, dan akuarium,”  tegas Ibu Thila.

Salah satu figur lego dengan kostum penyelam di dalam tangki akuarium

Benar sekali, kalian akan menemukan banyak figur-figur lego di sepanjang lorong Sea Life Malaysia, bahkan di dalam akuarium. Ada figur lego yang memakai kostum bajak laut, ada pula lego yang memakai kostum penyelam dan berada di dalam akuarium besar. Menggemaskan!

Ikan Hiu Hingga Napoleon

Nah, di antara 25 tangki akuarium yang menampung ribuan jenis ikan. Ada 5 jenis ikan utama yang ditonjolkan di Sea Life Malaysia, yakni hiu karang sirip hitam (black tip reef shark), hiu zebra (zebra shark), ubur-ubur (jellyfish), ikan pari (stingrays), dan kuda laut (seahorses).

Tangki ubur-ubur

Saat berada di tangki ubur-ubur, kita akan melihat pergerakan ubur-ubur yang naik turun dengan indah. Tak hanya itu, pencahayaan di akuarium ubur-ubur juga bisa berubah warna, lho. Beberapa saat ia berubah menjadi ungu, atau kuning, dan seterusnya. Seru, ya?

Tapi tentu saja, selain 5 jenis ikan utama tadi, masih banyak lagi jenis ikan menarik yang sayang banget untuk dilewatkan. Contohnya adalah ikan Napoleon wrasse, yakni ikan terumbu karang yang berukuran besar. Tampilan fisiknya sih biasa saja, Kids. Bibir-nya dower dan dahi jenong sehingga wajahnya terlihat sangar dan menyeramkan, hihi… Di tepi sisik tubuhnya terdapat garis vertikal berwarna krem kehitaman. Ciri-ciri ini membuat kalian akan secara mudah menemukannya di akuarium Sea Life Malaysia.

Di balik sosoknya yang terlihat galak, ternyata ikan ini tergolong jinak. Ia bahkan memiliki kebiasaan unik, yaitu berenang sangat lambat. Saat ikan-ikan lain (yang ukurannya jauh lebih kecil) melesat berenang melewatinya, si napoleon ini santai saja berenang. Lambattttt sekali, hihi… Ikan ini termasuk dilindungi. Namun, masih banyak saja orang yang tak bertanggung jawab di luar sana yang memburu-nya dengan menggunakan racun sianida dan merusak terumbu karang yang menjadi habitatnya di laut. Duh, menyebalkan, ya, Kids!

Sea Life Malaysia, an Up-Close Ocean Experience, Trough Magical Storytelling, Interactive Displays and Hands-on Encounters
Napoleon wrasse berenang lebih lambat dibandingkan ikan lain

Layar Interaktif

Menjelajah akuarium Sea Life Malaysia menjadi sangat menyenangkan karena menyediakan layar interaktif. Kalian ingin belajar lebih jauh soal ikan hiu, tinggal sentuh layar. Maka segala informasi yang kalian cari ada di sana.

Tak hanya berisi informasi, banyak sekali layar interaktif yang menyediakan games (permainan), misalnya permainan terapin (kura-kura) yang berusaha menghindari sampah-sampah yang dibuang ke laut oleh orang-orang yang tidak peduli lingkungan. Jadi, selain permainan, kalian juga bisa menyerap pelajaran di sana, bahwa sampah yang dibuang sembarangan ke laut bisa merusak keindahan laut dan membahayakan hewan-hewan  yang hidup di dalamnya. Tak hanya itu, banyak lagi jenis permainan hewan laut yang bisa kalian mainkan.

Di zona ini, pengunjung bebas berkreasi menciptakan hewan laut 3D yang nantinya akan ‘hidup’ dan berenang di lautan virtual

Ada pula zona “Amazing Creation” yang cocok banget kalian eksplor. Di zona ini tersedia puluhan tablet di meja. Dengan layar sentuh, kalian bebas berkreasi memilih hewan laut dan mewarnainya secara digital. Nanti, hewan laut kreasi kalian itu akan berubah menjadi benda 3D (dimensi) yang ‘hidup’ dan berenang di lautan virtual lewat layar besar di dinding. Kalau ke sana, kamu mesti cobain, ya, Kids.

Zona lain yang juga tak kalah menarik adalah zona habitat khusus yang terdiri dari Hutan Hujan Malaysia, Stingray Bay dan Ocean Tank yang mempesona. Jangan lewatkan pula terowongan di mana kita bisa melihat ikan-ikan yang berenang di dalam tangki terbesar, yang terbentang sepanjang 6 meter dan lebar lebih dari 2 meter. Tangki ini diisi dengan 400.000 liter air. Kalian akan berjalan sambil dikelilingi oleh ikan-ikan, mulai dari sisi kiri, kanan maupun atas kepala.

Tersedia banyak tempat-tempat tersembunyi yang memungkinkan pengunjung mengamati pemandangan hewan laut dari sudut pandang berbeda sekaligus menjadi spot foto menarik

Destinasi Liburan yang Asyik

Libur Lebaran dan libur sekolah di Indonesia lumayan panjang, nih. Jadi, kalau keluargamu berencana liburan ke Malaysia atau Singapura, masukkan agenda Sea Life Malaysia dalam rencana perjalananmu, ya!

Sea Life Malaysia buka setiap hari, yakni 7 hari seminggu. Pada hari biasa (off peak season) mulai buka pukul 10.00 – 18.00 (Minggu – Kamis). Sementara pada akhir pekan (Jumat – Sabtu), mulai buka pukul 11.00 – 19.00. Tiket Sea Life Malaysia bisa diperoleh dengan harga 95 MYR atau  Rp. 326,182 untuk dewasa, dan 74 MYR atau Rp.254.079 untuk anak-anak.

Sea Life Malaysia bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak untuk belajar mencintai dan merawat kehidupan laut

Nah, teman-teman, tertarik ke sana? Jangan lupa abadikan dengan kamera bila berkunjung ke Sea Life, ya? Tapi, pastikan tidak menyalakan flash (lampu) saat berfoto-foto ceria di sana, hehe. Selamat liburan dan siap-siap menjelajah Sea Life Malaysia, ya… (Foto: Efa, Ist)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *