Peluncuran Wahana Antangin Junior Urban Forest di KidZania Jakarta Dalam Rangka Hari Anak Nasional 2019

Bagi kalian yang tinggal di perkotaan, lumayan susah ya menemukan hutan. Ada kabar baik, nih. Antangin Junior, sahabat anak dalam memelihara daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan masuk angin, baru saja meluncurkan suatu wahana bermain dan edukasi hutan hujan tropis di KidZania Jakarta.

Wahana baru ini cocok banget bagi petualang aktif seperti kalian. Namanya Antangin Junior Urban Forest. Mengusung konsep hutan hujan tropis, kalian dapat bermain dan bereksplorasi layaknya di dalam hutan, deh. Bahkan, bisa merasakan hujan, lho! Wah, seru, ya…

(kiri – kanan) Muljo Rahardjo, Chief Executive Officer Deltomed Laboratories dan Kerry Riza, President of PT. Aryan Indonesia pada acara peluncuran wahana Antangin Junior Urban Forest di KidZania Jakarta, Rabu (31/07)

Tujuan utama wahana ini, menurut Bapak Muljo Rahardjo, Chief Executive Officer Deltomed Laboratories, adalah untuk mengedukasi anak-anak sejak dini untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. “Penting sekali untuk melestarikan hutan. Di dalam hutan, banyak sekali kekayaan alam, seperti ragam tanaman herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Nah, beberapa  di antaranya yang bisa dipelajari anak-anak di wahana ini adalah madu, jahe dan daun meniran, yang merupakan bahan utama dalam sirup herbal khusus anak, Antangin Junior,” katanya.

Selain mengedukasi kekayaan alam dan tanaman herbal Indonesia, ditambahkan oleh Bapak Kerry Riza, President of PT. Aryan Indonesia, anak-anak diajak untuk bergerak aktif, mengembangkan rasa ingin tahu dan mendorong mereka untuk mencintai aktivitas di luar ruangan dalam kehidupan nyata. “Ada banyak aktivitas fisik seperti melewati jembatan, memetik tanaman, merasakan hujan, walau hujannya tidak deras ya tapi rintik-rintik, hehe…” ujarnya.

Aktivitas dalam wahana ini, biasanya kalian temukan di luar rumah, Kids. Dengan demikian, diharapkan kalian akan terpacu untuk beraktivitas di luar ruangan, berkenalan dengan alam, tumbuh-tumbuhan, dan sebagainya.

Di wahana Antangin Junior Urban Forest, anak-anak diajak untuk menjelajah hutan hujan tropis dan mengenal ragam tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan

Durasi bermain kurang lebih selama 25 menit, kalian akan digiring menelusuri hutan hujan tropis yang berdiri di atas lahan seluas 62,93 m2. Bakal ada 9 area yang kalian eksplorasi, yakni:

  1. Briefing Area

Kalian akan menerima arahan dari pendamping sebelum menjelajahi Urban Forest lebih dalam.

  1. Avoid & Search

Area yang dipenuhi rimbunnya pepohonan tropis dan akar gantung. Kalian harus menghindari akar-akar gantung guna menuju area selanjutnya, ya!

  1. Tree Measuring

Di sini kalian bisa mencoba untuk mengukur tinggi pohon dan memetik bahan herbal Antangin Junior yang pertama, yaitu madu yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan

  1. Wooden Bridge

Kalian harus melewati jembatan kayu, hati-hati, ya…

  1. Branch Obstacle Tunnel

Di area ini, kalian harus melewati terowongan dengan batang-batang pepohonan yang bergantung rendah. Kalian bisa memetik bahan herbal Antangin Junior yang kedua, yaitu daun meniran, yang berkhasiat memelihara daya tahan tubuh

  1. Forest Explorer

Ada bebatuan yang licin di sini, kalian harus melewatinya, ya!

  1. Urban Forest

Nah, ini bagian yang seru. Kalian harus siap fisik dengan kondisi alam yang berubah, yaitu hujan rintik-rintik di dalam hutan. Jangan sampai kamu masuk angin, ya?

Pengunjung wahana akan dibekali dengan jas hujan ketika berada di area Urban Forest di Kidzania Jakarta
  1. Medicine Plant Area

Di area ini, kalian diminta untuk mengumpulkan bahan herbal Antangin Junior yang ketiga, yaitu jahe yang berkhasiat membantu mengatasi mual dan kembung serta cepat mengobati masuk angin pada anak.

  1. Forest Camp

Ini adalah area terakhir. Kalian akan mengumpulkan semua tanaman herbal yang sudah dipetik tadi, yang nantinya akan dikirimkan ke laboratorium Antangin Junior.

Gimana, seru, kan? Anak-anak berusia 6 – 16 tahun bisa menikmati wahana ini di KidZania Jakarta yang terletak di Mall Pasific Place, Jakarta Selatan. Selesai bermain, kalian juga akan diberi upah sebesar 20 KidZos (mata uang ‘kota’ KidZania).

“Kami berharap wahana ini bisa memperkaya wawasan anak mengenai kekayaan alam Indonesia dan menumbuhkan rasa cinta dan peduli mereka terhadap lingkungan hidup di sekitarnya,” tutup Bapak Muljo.

Foto: dok. KidZania Jakarta

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *