AQUA Water Research Training Center KidZania Ajak Anak Bersahabat dengan Air dan Lingkungan

Kalian tahu kan, teman-teman. Air itu besar sekali manfaatnya bagi kesehatan kita maupun lingkungan sekitar. Apalagi di tengah situasi merebaknya virus COVID-19, menjaga stamina tubuh termasuk minum air putih 8 gelas sehari, sangat dianjurkan.

Nah, sejalan dengan semangat Hari Air Sedunia yang akan jatuh pada tanggal 22 Maret nanti, Danone-AQUA memperkenalkan area edukasi baru “Sampahku, Tanggung Jawabku” dalam AQUA Water Research Training Center di KidZania, Jakarta.

Ajak Anak Bersahabat dengan Air dan Lingkungan

“Area edukasi ini merupakan bagian dari komitmen Danone-AQUA untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan serta menanamkan rasa tanggung jawab sejak usia dini. Di sini, anak-anak bisa belajar kebiasaan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) serta mempermudah proses daur ulang dengan cara memilah dan membuang sampah pada tempatnya.  Selain itu kami juga menampilkan kehidupan kedua dari plastik yang telah didaur ulang,” ujar Ibu Intan Ayu Kartika, Brand Director Danone-AQUA.

Peresmian wahana edukasi baru ‘Sampahku, Tanggung Jawabku” AQUA Water Research Training Center KidZania Jakarta, Jumat (13/03/20) yang turut dihadiri oleh Ibu Intan Ayu Kartika, Brand Director Danone-AQUA dan Bapak Kerry Riza, Presiden Direktur PT Aryan Indonesia (KidZania Indonesia)

AQUA Water Research Training Center di KidZania Jakarta dengan area baru ini telah dibuka untuk umum mulai Sabtu, 14 Maret 2020. Untuk bisa bermain di wahana ini, kalian harus berusia 7 tahun ke atas dengan tinggi minimal 110 cm.

Durasi bermain sekitar 20 menit dengan maksimal 9 orang pengunjung. Wahana ini terdiri dari tiga zona interaktif, teman-teman, yakni PIJAR alias Pilih – Jaga – Rawat. Di sini, kalian akan diajak untuk mencoba peran sebagai Hydrogeologist, yang bertugas mencari, menemukan dan meneliti sumber air.

Pengunjung AQUA Water Research Training Center sedang belajar memilih sumber air di Zona PILIH

Ada yang unik lho saat akan memasuki wahana ini. Bukannya berjalan melalui pintu, kalian akan diarahkan untuk meluncur. Tak perlu takut ya, area sliding tidak panjang, kok, dan tentunya aman karena area pendaratan dilengkapi dengan matras busa.

Yuk, Eksplor 3 Zona Ini!

Saat masuk, kalian langsung bertemu dengan zona PILIH. Di sini, kakak-kakak instruktur akan memperkenalkan proses pemilihan sumber air yang mengandung mineral berkualitas dan baik bagi tubuh.

Setelah itu, kalian akan diarahkan ke zona JAGA. Kalian akan diperkenalkan bagaimana menjaga kemurnian air mineral dari sumber air yang terlindungi hingga ke tangan konsumen. Di area ini, kalian juga bebas menjajal laboratorium, untuk mengetahui seberapa pH air minum kemasan yang biasa kita minum. Untuk diketahui, kadar pH air minum yang baik umumnya adalah 6 sampai 7. Dan, kalian juga perlu tahu, bahwa ciri air bersih layak minum itu antara lain: tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna.

Teman-teman akan diajarkan bagaimana memeriksa kadar pH air putih layak minum di laboratorium

Lalu, di zona ketiga adalah zona RAWAT. Teman-teman akan diajarkan pentingnya merawat lingkungan di sekitar sumber air, kerena hanya sumber air yang terawat dengan baiklah yang dapat menghasilkan air minum berkualitas.

Materi baru “Sampahku, Tanggung Jawabku” yang ada di Zona RAWAT ini merupakan salah satu wujud nyata pilar Edukasi dari gerakan #BijakBerplastik yang diinisiasi Danone-AQUA.

Manfaat Daur Ulang Sampah Plastik

Di area baru  ini, kalian akan belajar mengenai 3R (Reduce, Reuse, Recycle), yakni bagaimana cara mendaur ulang botol plastik. Kalian akan diajarkan bagaimana cara memilih dan membuang sampah dengan benar. Misalnya, pilihlah mana sampah kertas, plastik, umum (botol kaca, besi, tisu bekas, dan lainnya) serta sampah organik (daging, tulang, buah, danlainnya)  dan buang sesuai tempat sampah yang telah ditentukan sesuai kategori.

Area edukasi “Sampahku, Tanggung Jawabku” menunjukkan kehidupan kedua dari plastik bekas yang dikelola dengan baik, termasuk botol AQUA LIFE yang 100% sepenuhnya terbuat dari plastik daur ulang

Lalu, kakak-kakak instruktur akan menjelaskan bagaimana sampah kemasan botol plastik yang telah kalian pilih dan buang di tempatnya, akan diangkut dan diproses untuk didaur ulang. Tahukah kamu, sampah kemasan botol plastik itu bisa didaur ulang menjadi kemasan botol plastik Aqua baru bernama AQUA Life yang 100% terbuat dari bahan daur ulang, lalu benang polyester (yang bisa dibuat menjadi baju, tas, sarung bantal, dan sebagainya) serta dakron (untuk bahan isian bantal, boneka, dan sebagainya).

“Kami mengapresiasi inisiatif Danone-AQUA untuk memperbarui dan memperkaya materi pembelajaran dalam AQUA Water Research Training Center di KidZania. Semoga materi baru ini dapat menginspirasi dan membangun antusiasme anak-anak dalam menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga tempat tinggal kita bersama,” tutup Bapak Kerry Riza, Presiden Direktur PT Aryan Indonesia (KidZania Indonesia).

Tuh, seru, sekali, bukan? Yuk, mulai sekarang bersahabat dengan air dan lingkungan. Minum air putih 8 gelas sehari dan buang sampah kemasan plastik ke tempatnya agar bisa di daur ulang.

Foto: Efa, Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *