Jakarta, majalahjustforkids.com – Sekitar 15 anak berusia 6-11 tahun menunjukkan talentanya di bidang menyanyi dan fashion show dalam ajang Grand Final “Cakap Super Kids 2023” yang digelar pada Jumat, 20 Januari 2023 lalu di main atrium Emporium Mal Pluit, Jakarta Utara.

Digelar sekaligus untuk merayakan Imlek, ajang yang diusung oleh Edtech Cakap, platform penyedia kursus bahasa asing secara daring ini menampilkan  kompetisi menyanyi dengan menggunakan bahasa Inggris dan Mandarin serta fashion show yang diawali dengan perkenalan menggunakan Bahasa Mandarin.

Salah satu penampilan finalis lomba menyanyi usia 6-9 tahun

Setelah sebelumnya melalui proses audisi yang dimulai sejak Desember 2022 secara online dan tahapan seleksi serta eliminasi, akhirnya terpilih 15 peserta yang berhak menunjukkan kemampuannya secara langsung di babak Grand Final.

Kompetisi Cakap Super Kids terbagi atas kategori menyanyi untuk usia 6-9 tahun (lagu bahasa Inggris), usia 6-9 tahun (lagu bahasa Mandarin) dan usia 10-11 tahun (lagu bahasa Inggris), serta fashion show untuk usia 6-11 tahun.

Salah satu penampilan finalis kategori menyanyi bahasa Inggris usia 10-11 tahun, Hyori Dermawan

Diuraikan oleh Kak Yoshua Yanottama, Course Manager Cakap, dipilihnya dua bahasa tersebut dalam kompetisi ini mengingat Bahasa Inggris dan Mandarin merupakan bahasa yang paling banyak digunakan oleh komunitas global.

“Cakap melihat bahwa saat ini banyak anak-anak yang memiliki potensi bakat yang dapat dikembangkan melalui bahasa. Kami menyalurkannya di kompetisi menyanyi dan fashion show yang bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Imlek,” ujar Kak Yoshua.

Wah, para peserta tampil dengan sangat percaya diri di hadapan para juri maupun penonton. Mereka mempersiapkan diri dengan baik, mulai dari lagu yang bagus, busana yang dikenakan, tata rias wajah dan rambut, serta tentunya yang paling utama, mental.

Walau ada juga yang terlihat gugup saat memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris maupun Mandarin, namun ketika bernyanyi, kegugupan itu tak terlihat lagi.

(kiri – kanan) Para dewan juri yakni Gabby Demana (Modelling Coach & Co Founder Get Up! Edutainment, Alifa Aura (Academic Coach) dan Ayu Wijaya Sari (Mandarin Course Manager)

“Suara dan teknik vokal menjadi kriteria pemenang yang kami cari. Selain itu pelafalan atau pronunciation, seberapa jelas mereka mengucapkan lirik-lirik dalam Bahasa Inggris atau Mandarin dan juga aksi panggung,” ujar Kak Alifa Aura Yudina, juri untuk kompetisi menyanyi Bahasa Inggris.

Sementara Kak Ayu Wijaya Sari, Mandarin Course Manager Cakap dan juri menyanyi Bahasa Mandarin mengungkapkan bahwa sejak babak penyisihan, peserta sangat kreatif dan memiliki talenta yang luar biasa.

“Saya melihat keseriusan peserta dari mulai pemilihan kostum, lagu dan yang tidak kalah penting kesiapan mental dari peserta yang sudah sangat matang,” tutur kak Ayu.

Sementara itu, pada kategori fashion show, 6 finalis tampil natural dan percaya diri berjalan di atas panggung memamerkan busana yang dikenakan. Bahkan, ada seorang peserta dari luar Jabodetabek, lho, yakni Michael dari Bandung.

Dimeriahkan dengan pertunjukan akrobatik

Tak hanya menampilkan kompetisi menyanyi dan fashion show, Cakap Super Kids juga dimeriahkan dengan hiburan atraksi akrobatik yang memukau, games, doorprize, serta penampilan istimewa dari girlband cilik Indonesia, BlinkStars.

Setelah melalui proses penilaian yang ketat, para juri pun akhirnya mengumumkan para pemenang. Tepuk tangan meriah mengiringi langkah para juara naik ke atas panggung dibarengi dengan senyum lebar. Salah satu pemenangnya adalah Hyori Dermawan (10 tahun) yang berhasil mengantongi juara 1 kategori menyanyi bahasa Inggris usia 10-11 tahun.

Total hadiah yang diserahkan kepada para pemenang mencapai 18 juta Rupiah, mereka juga mendapatkan beasiswa kelas Bahasa Inggris maupun Mandarin, trofi, serta sertifikat.

Edtech Cakap selaku penyelenggara acara Cakap Super Kids berharap dengan hadirnya kompetisi tersebut dapat meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk mempelajari bahasa asing, terutama yang banyak digunakan komunitas global.

Mengutip informasi dari statista, saat ini Bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak digunakan secara global oleh 1,5 miliar orang, disusul oleh Bahasa Mandarin yang digunakan oleh 1,1 miliar penutur.

Nah, untuk para pemenang Cakap Super Kids, selamat, ya! Bagi yang belum berhasil, jangan patah semangat, terus asah bakat dan gali potensimu di lain kesempatan.

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *