Siapa yang tak suka bersepeda, setiap anak pasti menyukainya. Tak hanya senang, bermain sepeda tentunya menyehatkan. Yuk, coba lihat mana sepeda pilihanmu?

‘Fixie’ Sepeda Tanpa Rem

Awalnya Sepeda Pengantar Surat

Sepeda Fixie sebenarnya berasal dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat, tepatnya di kota New York. Awalnya, sepeda ini digunakan oleh pengantar pos, surat kabar atau majalah. Karena kondisi kota New York yang sangat padat, sehingga mereka sering terlambat saat mengantarkan surat. Akhirnya mereka pun memilih sepeda Fixed Gear atau Fixie sebagai alternatif. Dan ternyata hasilnya sangat memuaskan, karena pengirimannya menjadi lebih cepat.

Di Indonesia, tren Fixie muncul setelah tren Seli (Sepeda lipat). Fixed Gear sendiri berarti gear belakangnya fixed alias tidak dinamis. Sepeda Fixie pun identik dengan sepeda tanpa rem, tanpa gear dinamis belakang. Semua dibuat fix, roda berputar maka pedal ikut berputar. Sehingga cara mengeremnya adalah dengan mengurangi kekuatan dan melawan arah putaran pedal, atau yang biasa disebut sistem “Trape Door.”

 Keunikan Fixie

  • Warna cerah dan beragam.
  • Ban tipis sehingga ringan ketika digenjot.
  • Frame bisa dimodifikasi. Bila membeli frame jenis rakitan lebih seru, karena bisa dicat sesuka hati.
  • Velg atau Rim Fixie, beraneka model. Walau bentuknya sama bundar tetapi ada beberapa velg dibuat lebih tebal.
  • Stang-nya unik. Dibuat lebih pendek sehingga bisa menyelinap di antara kemacetan kendaraan.
  • Bisa maju mundur sesuka hati. Digenjot bisa maju atau digenjot ke belakang maka sepeda akan mundur.

 

Sepeda Lipat (Seli)

Awalnya Sepeda Perang

Saat ini Seli (sepeda lipat) bukan merupakan hal yang aneh lagi bagi kita. Sepeda yang dalam bahasa Inggris disebut Folding Bike ini bisa dengan mudah kita temui di jalan-jalan.Bisa dibilang Seli memiliki sejarah yang sangat tua karena sudah ada sejak abad 19. Bahkan banyak perusahaan yang meng-klaim bahwa mereka sudah membuat Seli sejak abad 18. Semua itu terbantahkan dengan dikeluarkannya paten untuk temuan Emmit G. Latta dari Amerika mengenai sepeda lipat pada 21 Februari 1888.Dan akhir abad 19, Seli mendapat respon dari banyak pihak termasuk pihak militer yang menggunakannya sebagai kendaraan perang.

Di Indonesia

Seli sendiri di Indonesia mulai tenar dan diburu untuk dikoleksi sejak tahun 2008. Berbagai merek Seli mulai dari merek premium seperti Brompton, Dahon, Strida hingga merek China dan Taiwan.

Sepeda Perang

Untuk diketahui, negara Prancis memberikan kendaraan sepeda lipat untuk pasukan militer mereka tahun 1895. Selanjutnya Seli juga digunakan pada Perang Dunia I dan II oleh pasukan militer terjun payung negara-negara yang terlibat perang pada saat itu. Militer Amerika Serikat juga menggunakan Seli  tipe Paratroope Montague pada perang Irak dan Afganistan.

 

Sepeda Lowrider

Klasik Tapi Asyik

Bentuk sepeda lowrider cukup unik dan klasik. Stang-nya lebih lebar daripada stang sepeda biasa. Sedangkan bentuk jok mirip buah pisang yang memanjang ke belakang. Tepat di belakang jok, ada senderan yang membuat pengemudinya merasa santai. Disebut lowrider, karena pengendaranya duduk di sadel yang lebih rendah daripada sadel sepeda pada umumnya.

Sepeda Ceper

Lowrider pertama kali muncul di Amerika Serikat. Konon, ada seorang pria bernama George Barris yang hobinya memodifikasi mobil menjadi ceper. Kala itu, tren mengubah mobil menjadi ceper alias lowrider mewabah di kalangan anak muda. Namun hobi tersebut hanya terbatas dinikmati anak-anak muda kalangan menengah ke atas.

George yang dijuluki ‘The Custom King‘ ini mulai mencari ide agar lowrider juga bisa dinikmati oleh anak-anak muda berkantong pas-pasan. Akhirnya, terciptalah sepeda lowrider! Sepeda ini pun langsung merambah ke Indonesia pada tahun 1970-an. Sampai saat ini, ratusan komunitas sepeda lowrider hadir di Jakarta. Belum ditambah ratusan komunitas pecinta sepeda lowrider di daerah lainnya.

 

 

 

Teks: JFK     Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *