Kebanyakan orang, termasuk kamu tentunya sering menggunakan sepatu. Sepatu biasanya kita gunakan ketika akan pergi ke suatu tempat atau beraktivitas. Selain berfungsi untuk melindungi kaki, sepatu juga membuat penampilan kita menjadi lebih rapi dan enak dipandang. Tapi, tahukah kamu, sejak kapan manusia menggunakan sepatu?

Para ahli sejarah memperkirakan bahwa sepatu pertama kali dibuat pada zaman es atau sekitar 5 juta tahun lalu. Sepatu itu dibuat dari kulit hewan. Selain dari kulit binatang, ada juga sepatu yang terbuat dari rumput atau semak. Gunanya, untuk melindungi kaki dari teriknya sinar matahari atau dinginnya suhu.

Mesin Pembuat Sepatu

Seiring bertambahnya waktu, manusia terus menyempurnakan bentuk sepatu. Lantas, bagaimana sejarah perkembangan sepatu dari masa ke masa? Adalah Jan Ernst Matzelinger, pekerja pabrik sepatu di Amerika Serikat yang menemukan mesin pembuat sepatu pada tahun 1882. Sepatu beralaskan sol karet pertama dibuat dan dinamakan plimsolls.

Lalu tahun 1892 Goodyear dan perusahaan sepatu karet dari US Rubber Company, memulai memroduksi sepatu karet dan kanvas yang diberi nama Keds. Dan sepatu terus mengalami perkembangan model. Bahkan, sekarang ada model wedges bagi kalangan kaum perempuan.

Bantuan Komputer

Di samping itu, sepatu-sepatu yang menawarkan kenyamanan bagi para pemakainya mulai menjadi pilihan banyak orang. Orang tak perlu lagi repot membuat atau memesan sepatu pada tukang sepatu. Perkembangan pengetahuan yang begitu pesat menyentuh pula pada bidang pembuatan sepatu. Proses rancang merancang dilakukan dengan bantuan komputer. Dan sinar laser untuk memotong bahan dengan cepat dan tepat. Nah, kalian tinggal pilih, deh, sepatu mana yang sesuai dengan selera. (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *