Semua Bisa Berprestasi

Ingin membuat orangtua bangga? Atau kalian ingin memiliki sebuah prestasi yang membanggakan? Untuk memiliki prestasi, tidak sulit kok, Kids. Ini beberapa tips supaya kamu bisa menjadi anak yang berprestasi. Simak sama-sama, yuk!

  • Konsentrasi

Hal yang harus kalian lakukan untuk bisa memiliki prestasi adalah konsentrasi dengan tujuan kalian, Kids. Kalau kalian ingin menjadi peringkat pertama di kelas, maka fokus dengan pelajaran dan jangan terlalu banyak bermain.

  • Pilih Gaya Belajar yang Sesuai

Cara belajar setiap orang berbeda-beda. Ada yang lebih mudah belajar dari membaca saja. Ada juga yang membutuhkan penjelasan dari orang lain. Nah, kalian tipe yang mana? Ketahui dan pahami gaya belajar kalian dan mulailah menerapkannya.

  • Perhatikan Penjelasan Guru dengan Seksama

Ketika guru menjelaskan pelajaran, kalian harus memerhatikan dengan seksama, ya. Biasanya, penjelasan dari guru akan lebih mudah dimengerti daripada kalian harus membaca buku pelajaran sendiri.

  • Catat!

Jangan meremehkan mencatat, Kids. Dengan membuat catatan ketika mendengarkan penjelasan, ternyata bisa melatih indera pendengaran dengan otak untuk saling bekerjasama. Menuliskan sesuatu yang kalian dengar akan mempertajam daya ingat, lho.

  • Kerjakan PR Sendiri

Jangan menyalin pekerjaan rumah teman, ya. Ingat, dengan mengerjakan PR sendiri, kalian bisa tahu sampai di mana kalian memahami pelajaran di sekolah.

  • Belajar Lebih Awal

Ada baiknya, sebelum pelajaran dimulai, kalian membaca sendiri buku pelajaran. Dengan begitu, ketika guru menjelaskan, kalian memiliki gambaran tentang materi yang disampaikan. Selain itu, kalian juga bisa menanyakan hal yang tidak kalian mengerti.

  • Jangan Pelit Ilmu

Kalau ada teman yang bertanya mengenai materi yang kurang mereka pahami dan kalian menguasainya, sebaiknya kalian berbagi pengetahuan yang kalian miliki, Kids. Dengan berbagi ilmu kepada teman, kalian akan lebih memahami dan menguasai ilmu tersebut, lho.

  • Jangan Malu Bertanya

Malu bertanya sesat di jalan. Jangan malu bertanya kalau kalian kurang memahami sesuatu, Kids. Bapak/Ibu Guru juga pasti senang jika ada siswa yang bertanya tentang materi pelajaran. Itu tandanya kalian memerhatikan pelajaran di kelas.

  • Banyak Baca

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan membaca, Kids. Membaca terbukti mampu menjaga otak agar tetap aktif dan mencegah demensia (gangguan berpikir/penurunan ingatan). Selain itu, dengan banyak membaca, banyak juga ilmu yang bisa kalian dapatkan.

  • Ikut Ekstrakurikuler

Belajar di sekolah saja sudah melelahkan, apalagi kalau ikut ekskul? Hayooo, jangan punya pikiran seperti itu. Ekskul tidak selalu berarti pelajaran tambahan atau hal-hal yang membosankan, kok. Banyak sekali kegiatan ekskul yang menyenangkan, seperti musik, seni, drama, hingga tari. Selain itu, ekskul juga bisa membantu kalian mengetahui minat dan bakat kalian di luar pelajaran sekolah.

(JFK/ETG, Ilustrasi: Fika Nadja)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lupa beli edisi terbaru yaa...