Sebagai ibu baru, Citra Kirana (27) ternyata tak luput dari ‘perhatian’ para netizen Indonesia. Pesinetron cantik yang melahirkan putra pertama bernama Keene Atharrazka Adhitya 10 bulan lalu ini, ternyata pernah alami mom shaming dari warganet.

“Jadi waktu hamil, berat badan aku tuh naik drastis sampai 30 kg. Dan setelah lahiran , ya badan aku agak sedikit lucu gitu, agak gembul. Netizen tuh banyak banget yang mom shaming aku…” ucap Citra Kirana dalam acara bincang virtual bertajuk “Ngobrol Bareng Babyo x Lazada Baby and Kids Festival”, Selasa (22/06).

Untuk Moms ketahui, mom-shaming adalah perilaku mempermalukan ibu lainnya. Dalam hal ini, seseorang mengkritik dan/atau merendahkan seorang ibu, entah itu atas pilihan pengasuhan, keadaan fisik, dan sebagainya. Di dunia, selebriti sering menjadi korban mom-shaming.

Hal ini pun rupanya tak luput dirasakan oleh Ciki, demikian Citra Kirana biasa disapa. Istri dari aktor dan bintang sinetron Rezky Adhitya ini tak ayal sempat drop mendengar atau membaca komentar-komentar buruk dari netizen perihal keadaannya saat hamil maupun pasca menjadi ibu.

Citra Kirana menceritakan pengalamannya yang sempat alami mom shaming pasca melahirkan di acara bincang virtual bertajuk “Ngobrol Bareng Babyo x Lazada Baby and Kids Festival”, Selasa (22/06)

“Aku sempat ada di posisi nge-drop banget. Sampai-sampai mau pakai baju apa aja, jadi gak pe-de,” keluhnya. Tapi keadaan itu tak berlangsung lama, sebab support system terbesarnya yakni sang suami, selalu berada di pihaknya. “Aku akhirnya balik lagi, mencoba berpikir positif aja. Karena suami aku, sangat support aku. Itu yang paling penting sih menurut aku. Suami aku selalu memuji aku dan selalu menguatkan aku. Katanya, ‘udah, nanti juga kamu kurus lagi. Kamu kan baru lahiran, yang penting sekarang sudah ada Atha, fokus aja merawat Atha’. Itulah masukan positif positif yang menurut aku penting banget bagi seorang ibu muda. Jadi, biarin aja deh orang mau bilang apa,” cerita Ciki. Dan benar saja, beberapa bulan setelah melahirkan, Ciki pun berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 22 kg. Perlahan, komentar pedas pun berkurang.

Tantangan yang dialami Ciki di atas, diapresiasi positif oleh Indra Noveldy, Konsultan Pernikahan. “Memang bisa saja terjadi mom shaming atau shaming-shaming yang lain, apalagi bagi seorang public figure. Namun, kalau rumah tangganya solid, dampak tersebut tidak akan terlalu besar. Dari pengalaman Mba Citra, terlihat bahwa bahasa kasihnya adalah kata-kata pendukung, kata-kata pujian dari sang suami saat ia mendapatkan serangan bertubi-tubi dari para netizen,” katanya.

Dukungan atau pujian dari suami, dilanjutkan oleh Indra, ibarat amunisi atau bahan bakar bagi istri. “Yang tadinya mental drop, jatuh, langsung naik lagi karena langsung ke-isi setelah didukung suami,” ucapnya. Ia menegaskan, sangatlah penting dalam menghadapi tantangan kehidupan pernikahan – termasuk mom shaming – untuk selalu bekerja sama atau saling mendukung antara ibu dan ayah. “Ini merupakan team work berdua, tidak boleh salah satu pihak,” tutupnya.

Nah, Moms, apakah Moms pernah pula di-bully oleh lingkungan sekitar akibat pola asuh terhadap si kecil atau kehidupan pernikahan Anda? Jangan berkecil hati, tetap lakukan yang terbaik dan perkaya diri dengan informasi yang bermanfaat. Salah satunya dengan mengikuti kelas webinar di Lazada Baby & Kids Festival di di platform Instagram @Thebabyologist. Ikuti ragam topik menarik secara gratis mulai tanggal 23 Juni hingga 26 Juni 2021. Don’t miss it, Moms!

Foto: Istimewa, Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *