Kamu suka menulis? Senang berpikir kritis? Peminatan jurnalistik boleh jadi pilihanmu, nih. Saat ini, jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan yang diminati para calon mahasiswa. Di dalam program studi Ilmu Komunikasi, ada banyak sekali peminatan yang bisa kamu pilih. Salah satunya peminatan jurnalistik. Di Jurnalistik, kamu bisa menggali banyak keterampilan dan kemampuan baru, lho! 

Buat kamu yang berasal dari jurusan sains, jangan bersedih! Peluang kerja jurnalistik tidak hanya terbuka dari jurusan Ilmu Komunikasi atau Ilmu Sosial saja. Kamu tetap punya kesempatan untuk menyelam di dunia jurnalistik. Nah, peluang kerja lulusan jurnalistik pun juga ada banyak. Mungkin kamu hanya mengetahui yang terlihat di depan layar TV saja, namun sebenarnya peluang kerja bidang jurnalistik itu nggak cuma di depan layar TV saja, lho. Mau tahu apa saja? Yuk, simak info berikut ini:

  1. Reporter

Seorang Reporter adalah garda terdepan jurnalisme. Ia bertugas meliput peristiwa di lapangan, mengumpulkan data dan fakta, serta menulis naskah berita. Jika kamu senang menonton berita, nah, ini adalah hasil kerja keras seorang Reporter yang melaporkan berita kepada publik. Hal itu dilakukan agar masyarakat terus mendapatkan informasi faktual tentang kejadian-kejadian penting.

  1. Redaktur 

Seorang Redaktur bertugas menyunting dan menyempurnakan naskah berita sesuai dengan penulisan bahasa jurnalistik yang baik dan benar. Selain itu, ia juga menjadi pemeriksa kualitas naskah berita agar disajikan dengan baik kepada publik sesuai dengan kaidah jurnalistik yang berlaku. Ketika berita masuk, seorang Redaktur harus melakukan penyuntingan naskah berita sebelum siap disajikan kepada publik.

  1. Redaktur Pelaksana

Seorang Redaktur Pelaksana memiliki tugas untuk membuat perencanaan isi untuk setiap penerbitan, mengkoordinasikan kerja para Redaktur/Penanggung Jawab rubrik, mengkoordinasikan alur perjalanan naskah dari para Redaktur ke bagian setting atau layout.  Selain itu, Redaktur Pelaksana juga bertanggung jawab terhadap mekanisme kerja redaksi sehari-hari.

  1. Pemimpin Redaksi

Nah, yang satu ini juga nggak kalah kerennya, lho! Pemimpin Redaksi memiliki tanggung jawab terhadap isi redaksi penerbitan dan kualitas produk penerbitan. Selain itu, Pemimpin Redaksi (Pimred) juga memiliki tugas untuk memberikan arahan kepada semua tim redaksi tentang berita yang akan dimuat pada setiap edisi. Nggak cuma itu saja, seorang Pimred juga perlu menjalin relasi dengan narasumber penting di pemerintahan, dunia usaha, dan instansi.

5. Pembaca Berita (News Anchor) 

Nah, pasti kamu nggak asing dengan yang satu ini. Kamu tahu Kak Putra Nababan? Kak Najwa Shihab? atau Kak Desi Anwar? Mereka adalah seorang Pembaca Berita (News Anchor). Mereka juga berimprovisasi dengan memberikan komentar pada berita yang dibacakannya. Selain itu, seorang News Anchor juga bertugas untuk melakukan live interview (wawancara langsung) dengan nara sumber penting. Oleh karena itu, mereka harus memiliki pemahaman mendalam tentang berbagai isu yang sedang marak dibicarakan oleh kanal berita. Kritis dan sigap berimprovisasi adalah ciri khasnya. Apakah kamu tertarik?

 6. Penulis Konten (Content Writer)

Seorang Penulis Konten (Content Writer) memiliki tugas untuk memroduksi konten-konten menarik di media. Konten ini bisa berbentuk artikel, blog, unggahan di sosial media, atau apapun yang ditulis secara dalam di kanal media. Selain menulis, seorang Penulis Konten juga bertanggung jawab untuk memastikan agar situs web, tulisan, dan gambar yang dibuat, selaras dan harmonis, sehingga informasi bukan hanya mudah dicerna, tetapi juga menarik minat pembaca. Seorang Penulis Konten juga harus paham dan mengenali tren-tren terkini supaya dapat menuliskan karya-karya yang relevan dan segar bagi pembacanya.

Nah, itu dia beberapa peluang kerja di bidang jurnalistik. Semoga info di atas bermanfaat, ya! Di Hari Pers Nasional ini, yuk, kita apresiasi para jurnalis Indonesia yang sudah bekerja keras menyajikan berita faktual agar kita tetap selalu update dan memiliki informasi yang baik tentang peristiwa-peristiwa terkini. Jurnalisme yang baik, berkontribusi pada pola berpikir kritis kita semua.

Buat kamu yang tertarik mempelajari bidang jurnalistik atau ingin memulai karir di bidang jurnalistik, kamu bisa, nih, coba ikutan kelas jurnalistik di Skill Academy by Ruangguru. Selain membahas tentang peluang karir jurnalistik, kamu juga bisa mempelajari teknik menulis naskah berita dan keahlian jurnalistik yang lain, langsung dari praktisinya! Yuk, daftar sekarang!

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *