Mulai tanggal 15 Juni 2020, sebagian besar mal di Jakarta sudah kembali dibuka secara serentak, termasuk Pondok Indah Mall (PIM). Pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan ini memang tutup sementara sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 10 April 2020 lalu. Hanya sejumlah tenant dengan jenis usaha seperti supermarket atau toko obat yang beroperasi.

Pada hari pertama dibuka, PIM sudah menyiapkan kondisi baru dalam menghadapi masa new normal ini. Seperti terlihat di luar pintu masuk lobi utama PIM 2. Dalam pengamatan Just For Kids, standar protokol kesehatan dan keamanan benar-benar telah dipersiapkan matang.

Sebelum masuk,pengunjung wajib pakai masker, cuci tangan dan dicek suhu

Pengunjung harus masuk melalui jalur antrean khusus dengan menjaga jarak. Terdapat wastafel untuk mencuci tangan lengkap dengan sabun cair tanpa adanya kontak dengan tangan. Air akan menyala dengan menginjak pedal di bawah, sementara sabun cair mengalir otomatis dengan sensor tangan. Setelah itu, pengunjung bisa mengelap tangan dengan tisu yang juga sudah disediakan, membuangnya ke tempat sampah otomatis. Hand sanitizer juga disediakan di samping tisu, bila diperlukan. Barulah setelah protokol kesehatan dilakukan, pengunjung akan di-cek suhunya oleh staf. Untuk memasuki area mall, pengunjung diharuskan untuk memakai masker.

Kesiapan staf mal mulai dari security, resespsionis hingga pegawai tiap toko dalam menjalankan protokol kesehatan pun terlihat dengan atribut baru mereka, yakni memakai masker dan face shield (pelindung wajah) serta sarung tangan.

Tempat duduk diatur berjarak

Dituturkan oleh Bapak Eka Dewanto, General Manager PIM, untuk memastikan kenyamanan dan keamanan karyawan dan pengunjung, ia menyebutkan bahwa karyawan PIM sudah melakukan rapid test sebelum bekerja. “Sekitar 1000 orang karyawan sudah melakukan rapid test untuk memastikan kesehatan mereka,” katanya.

Dalam beradaptasi dengan era new normal ini, PIM juga menerapkan prosedur jaga jarak pada sejumlah fasilitas, misalnya di eskalator. Tak seperti dulu, kini setiap anak tangga eskalator diberi tanda, silang berarti tak boleh ditempati, dan tanda jejak sepatu yang bearti boleh ditempati. Satu anak tangga eskalator hanya untuk satu pengunjung, dan jarak pengunjung dengan yang lain dipisahkan oleh satu anak tangga yang tak boleh ditempati.

Aturan baru menaiki eskalator

Pun demikian dengan tempat duduk, masing-masing diberi jarak satu tempat duduk tak boleh ditempati. Di area foodcourt, meja dianjurkan hanya ditempati maksimal oleh 2 pengunjung. Dikatakan oleh Bapak Eka, aturan pun diberlakukan kepada sejumlah tenant yakni untuk membatasi jumlah pengunjung yang masuk di masing-masing gerai. Hal ini untuk mengantisipasi jumlah pengunjung yang menumpuk di satu ruangan.

Guna mencegah penyebaran virus Covid-19, PIM juga menyediakan fasilitas pos parkir dengan sensor tangan dan juga penyemprotan disinfektan secara berkala di tempat-tempat yang sering disentuh.

Meski sejumlah besar tenant telah kembali beroperasi, namun ada beberapa yang saat ini masih ditutup dengan batas waktu yang belum ditentukan, mengikuti peraturan pemerintah. “Semua sudah kembali buka, kecuali bioskop, gym, dan taman bermain anak-anak masih belum boleh buka,” tutupnya.

Pondok Indah Mall akan beroperasi setiaphari sejak 15 Juni 2020 dengan jam buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam.

(Foto: Efa)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *