Indonesia memiliki banyak makanan khas. Di antara menu yang paling populer adalah nasi goreng. Nasi goreng merupakan makanan yang dibuat dari nasi, lalu digoreng dengan bumbu dan bahan-bahan lainnya.

Semua orang menyukai nasi goreng. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Baik di desa maupun di kota-kota besar, banyak yang menyukai makanan ini.

Asal Nasi Goreng

Nasi goreng sendiri konon berasal dari negeri Tirai Bambu, Cina. Bahkan menurut catatan sejarah, nasi goreng sudah ada sejak 4000 SM (Sebelum Masehi). Wah, lama juga, ya!

Nasi goreng kemudian tersebar ke berbagai negara, dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap, termasuk hingga ke Indonesia.

Nasi goreng muncul karena waktu itu banyak orang yang tidak suka dengan makanan yang sudah dingin. Selain itu, agar sisa nasi tidak dibuang, maka nasi yang sudah dingin itu lantas digoreng agar bisa dihidangkan kembali.

Khas Aceh

Nasi goreng memang hidangan sepanjang waktu yang enak dimakan kapan saja dan dimana saja. Untuk sarapan enak, makan siang atau makan malam, juga cocok. Di antara nasi goreng yang paling digemari masyarakat adalah nasi goreng Aceh.

Nasi goreng Aceh ini memang cara memasak dan bentuknya tidak jauh berbeda dari nasi goreng lainnya. Hanya saja yang membedakan adalah rasanya yang pedas dan aroma rempah-rempah khas daerah Aceh yang kuat. Semua menjadi satu dengan beberapa bahan spesial pilihan yang disajikan.

Bahan spesial itu antara lain kepiting, daging sapi, udang ataupun telur. Cara memasaknya seperti nasi goreng lainnya. Bahan utamanya nasi yang digoreng pada wajan, sedikit bumbu khas Aceh, garam, dan saus.

Karena asalnya dari Aceh, akan lebih enak jika nasi goreng ini ditemani dengan minuman Kopi Sanger (Kopi Susu khas Aceh). Maka rasanya akan sampai ke tulang sumsum. Kalau tidak percaya, buktikan saja sendiri. Hehe…

(Foto: Istimewa)

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *