Sejumlah 1.086.900 dosis Vaksin COVID-19 AstraZeneca telah kembali dikirimkan ke Indonesia pada Jumat, 27 Agustus 2021 sebagai bagian dari perjanjian bilateral AstraZeneca dengan pemerintah Indonesia. Hingga hari ini, sebanyak 18,2 juta dosis vaksin AstraZeneca melalui skema bilateral, COVAX, dan donasi dari negara lain tiba di Indonesia. AstraZeneca terus memasok vaksin secara nirlaba selama masa pandemi, sebagai bagian dari komitmen untuk memberikan akses vaksin yang luas dan merata di seluruh dunia. Sewhan Chon, President Director, AstraZeneca Indonesia, mengatakan, “Pengiriman jutaan vaksin dari AstraZeneca bulan ini merepresentasikan kolaborasi berkelanjutan kami dengan pemerintah Indonesia dalam memerangi pandemi dan menekan dampak yang ditimbulkannya. Dengan memasok lebih dari 18 juta dosis vaksin hingga saat ini secara nirlaba, kami terus mendukung percepatan Program Vaksinasi Nasional untuk melindungi setiap orang di Indonesia yang memenuhi persyaratan vaksinasi”.

Sejak peluncuran pertama di dunia di awal tahun 2021, vaksin ini telah membantu mencegah ratusan ribu rawat inap dan membantu menyelamatkan puluhan ribu jiwa. Vaksin COVID-19 AstraZeneca memiliki efektivitas sekitar 80-90 persen dalam mencegah penyakit parah dan rawat inap akibat COVID-19 di seluruh kelompok usia dewasa. Vaksin ini efektif terhadap variants of concern atau varian virus yang diidentifikasi WHO sebagai varian yang memerlukan perhatian khusus, termasuk varian Beta dan Delta yang saat ini tengah menyebar.

Vaksin COVID-19 AstraZeneca telah terbukti dapat ditoleransi dengan baik secara umum. Kejadian sindroma trombosis dengan trombositopenia (TTS), sebuah gangguan pembekuan darah yang sangat langka, telah dilaporkan pada sejumlah kecil orang yang menerima vaksin dosis pertama dalam jangka waktu 14 hari, dan kemudian angka tersebut berkurang pada populasi umum setelah menerima dosis kedua. Hingga saat ini, 1 miliar dosis vaksin AstraZeneca telah didistribusikan kepada lebih dari 170 negara di seluruh dunia, dan lebih dari dua pertiga dosis ini telah dikirimkan kepada negara-negara berpenghasilan menengah ke bawah. Lebih dari 113 juta dosis telah didistribusikan melalui COVAX.

(Foto : Ist)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *