Sarapan Bernutrisi Membuat Nilai Akademis Empat Kali Lebih Tinggi

Sudah sarapan kah kamu hari ini, Kids? Sudah lama diketahui bahwa sarapan bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak-anak. Bahkan, penelitian menyebutkan anak yang sarapan bernutrisi memiliki nilai akademis 4 kali lebih tinggi, lho! Wow banget, kan?

Hasil penelitian itu disampaikan oleh Dr. dr. I Gusti Lanang Sidiartha Sp.A(K)  dalam konferensi pers Konsentrasi Ciptakan Mimpi bersama Energen di Sport Hall, CGV Blitz fX, Jakarta, Kamis (21/02/19).  Ia meneliti kebiasaan sarapan 178 anak SD di DesaTaro, Gianyar, Bali. Ada sebanyak 51,7 persen siswa yang memiliki kebiasaan sarapan. Nah, di bandingkan mereka yang tidak sarapan, nilai pelajaran di rapor mereka ternyata lebih tinggi. Wah!

Hadir dalam acara konferensi pers Konsentrasi Ciptakan Mimpi bersama Energen di Sport Hall, CGV Blitz fX, Jakarta. (kiri – kanan): Tony Sumantri, Sales and Marketing Mayora Divisi Health Food & Coffee; Jonathan Setiadi, Marketing Director Health Food; Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia; Dr. dr. I Gusti Lanang Sidiartha, Sp. A (K), Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Metabolik dan penulis jurnal berjudul Kebiasaan Sarapan Pagi dan Performa Akademis pada Anak; dr. Raissa E. Djuanda, M. Gizi, Sp. GK, Spesialis Gizi Klinik; Dr. dr. Taufiq Pasiak, M. Kes, M.Pd, dan dr. Fery Rahman, MKM, Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia 

“Terlihat dari rata-rata hasil akhir ujian dari seluruh mata pelajaran selama satu semester. Performa akademik  anak-anak yang sarapan bernutrisi, 4x lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak,”  katanya.

Ahli Neuroanatami dan Neurosains, Dr. dr. Taufiq Pasiak, M.Kes, M.Pd, membenarkan secara klinis konsumsi sarapan dapat memengaruhi kinerja kognitif. “Otak manusia itu berkembang terus tidak pernah berhenti, mulai sejak lahir hingga tutup usia. Ada 2 yang bisa memengaruhi perkembangan otak. Istilah sederhananya Sisi, yaitu nutriSI dan informaSI. Untuk membangun fisik otak, kita perlu nutrisi, sementara untuk menajamkan (mengasah) otak, kita perlu informasi,” jelasnya.

Untuk mendapatkan manfaat optimal sarapan bagi otak, harus dilakukan tiap hari, Kids, tidak boleh insidental (sewaktu-waktu). Misalnya, hari ini sarapan, besok tidak, lusa sarapan, dan seterusnya.

Sayangnya, masih banyak anak yang menyepelekan sarapan.  Data penelitian menyebut bahwa 7 dari 10 anak Indonesia tidak sarapan. Kalaupun sarapan, masih banyak yang hanya memenuhi kebutuhan karbohidrat saja, bukan gizi lengkap dan seimbang.

Acara ini yang dipandu oleh artis Melaney Ricardo serta dimeriahkan oleh hadirin anak-anak

Padahal, sarapan bermanfaat sebagai sumber tenaga bagi kita untuk beraktivitas, loh. “Sarapan bernutrisi sangat penting untuk memberikan energi yang cukup di pagi hari. Dengan sarapan,  kinerja otak pun bisa maksimal. Untuk itu, pilihlah menu sarapan dengan bijak misalnya berupa asupan yang mengandung serat pangan, vitamin, dan mineral,” ujar Pakar Gizi dr. Raissa E. Djuanda, M. Gizi, Sp.GK.

Fakta-fakta di atas menginspirasi Mayora Nutrition melalui produk Energen, solusi sarapan sehat yang praktis, untuk kembali mensosialisasikan pentingnya kebiasaan menyantap sarapan bernutrisi lewat kampanye inspiratif  “Konsentrasi Ciptakan Mimpi”.

“Dengan mengonsumsi segelas Energen hangat yang mengandung susu, sereal, telur, sigmavit (vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E, Kalsium), dan mineral, kebutuhan energi dan gizi anak di pagi hari akan tercukupi.  Kami berharap, semakin banyak anak-anak dan keluarga Indonesia mengonsumsi sarapan yang bernutrisi di pagi hari,” ujar Bapak Tony Sumantri selaku Sales & Marketing Director Mayora Divisi Health Food & Coffee.

Nah, Kids, kamu mau cerdas? Mulai sekarang, wajib sarapan bernutrisi! (Foto: Istimewa)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *