Sampoerna Academy Medan Ajak Siswa Belajar Sejarah Dunia Lewat Metode STEAM

Ada banyak cara belajar mengenai sejarah dan budaya di dunia, salah satunya lewat perayaan hari besar. Hal ini dilakukan oleh Sampoerna Academy Medan yang turut merayakan Tahun Baru Cina 2020 dengan semarak.

Tepat pada Hari Kasih Sayang yang jatuh pada tanggal 14 Februari lalu, lembaga pendidikan ini merayakan Tahun Baru Cina 2020. Yang unik, perayaan tahunan ini dilakukan melalui pembelajaran STEAM.  Ini adalah  metode pembelajaran non konvensional yang bertujuan menstimulasi pemikiran kritis siswa dengan menggabungkan elemen Science (Sains) , Technology (Teknologi), Engineering (Teknik), Arts (Seni), dan Mathematics (Matematika).

Dengan metode STEAM, siswa-siswi Sampoerna Academy Medan diharapkan mampu mengembangkan keterampilan 5C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity, dan Character).

“Perayaan Tahun Baru Cina adalah satu tradisi yang dilakukan di enam kampus Sampoerna Academy. Momen istimewa ini kami manfaatkan untuk mengajarkan siswa-siswi kami metode pembelajaran STEAM.  Seperti enam kampus Sampoerna Academy lainnya, tema harmoni diangkat untuk selalu meningkatkan dan mengajarkan keselarasan antar pribadi, keluarga dan masyarakat, serta mengingatkan akan keragaman budaya yang dimiliki oleh Sampoerna Academy, sesuai dengan nilai 5C,” ujar Dr. Mustafa Guvercin selaku Sampoerna Academy School Director.

Pada momen itu, siswa-siswi Sampoerna Academy Medan diajak untuk memperdalam pengetahuan budaya dan sejarah Cina serta mengekspresikan pemahamannya melalui berbagai aktivitas STEAM seperti lion dance persembahan para siswa, dilanjutkan dengan peragaan busana pakaian tradisional Cina, The God of wealth give out Hong Bao yaitu pembagian angpao oleh para guru dan menyalakan kembang api bersama di area lapangan Sampoerna Academy Medan Citra Campus.

Tidak hanya melibatkan para siswa dan guru, dalam acara perayaan Tahun Baru Cina 2020, orangtua juga turut berpartisipasi melalui sejumlah aktivitas bersama dengan anak. Kegembiraan dan kebersamaan itu tergambar jelas dari aktivitas seru seperti carrying the ball, passing the message, fishing, dan picking red bean with chopsticks.

Sebagai pelopor STEAM, didukung dengan staf pengajar terakreditasi serta fasilitas sekolah yang sangat lengkap, Sampoerna Academy berharap melalui perayaan Tahun Baru Cina dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Medan dengan terus menghasilkan siswa-siswi berprestasi hingga tingkat global,” tutup Dr. Mustafa.

Foto: Istimewa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *