Sambut Tahun Ajaran Baru, Kelas Pintar Luncurkan Fitur “Sekolah”

Saat ini, Indonesia belum lepas dari pandemi Covid-19. Sejak tanggal 16 Maret 2020, sekolah-sekolah di DKI Jakarta dan wilayah Indonesia diliburkan untuk mencegah terjadinya penularan. Para pelajar pun akhirnya menjalankan School from Home (SFH). Tentu saja, pemanfaatan platform belajar online menjadi solusi bagi para sekolah yang menerapkan SFH ini.

Salah satu platform yang kemudian banyak diakses para siswa, guru maupun orangtua semenjak SFH adalah Kelas Pintar, yakni platform belajar online kembangan PT. Extramarks Education Indonesia. Dikatakan oleh Bapak Fernando Uffie, Founder Kelas Pintar pada acara virtual press conference, Senin (18/05), terjadi lonjakan pemakai layanan Kelas Pintar di awal pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Pada Akhir Februari – Maret 2020 terdapat lonjakan traffic hingga 500%. Kondisi ini membuat kita langsung upgrade kapasitas server, upgrade customer care, dan sebagainya. Sebab, tak hanya terjadi lonjakan pengguna, tapi juga konjakan pertanyaan yang masuk ke kami,” ujarnya.

Fernando Uffie, Founder Kelas Pintar

Sementara itu, ia melanjutkan, rentang bulan April – Mei 2020, terjadi pula lonjakan dari pihak sekolah yang menggunakan layanan Kelas Pintar. “Terjadi kenaikan sekitar 200-300%,” imbuhnya lagi.

Nah, menyambut tahun ajaran baru 2020 ini, Kelas Pintar meluncurkan fitur baru yang bisa menjadi solusi bagi dunia pendidikan di masa Covid-19, yakni ‘Sekolah”. Fitur ini memungkinkan aktivitas belajar mengajar dilakukan secara online tapi dengan pengalaman belajar layaknya di sekolah.  “Sekolah” bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan Kelas Pintar mulai tanggal 18 Mei 2020.

“Kami dengan bangga meluncurkan fitur Sekolah. Fitur ini kami hadirkan khusus untuk membantu sekolah, guru dan juga siswa dalam melakukan proses belajar mengajar, kapan dan di kondisi apapun, baik dalam jangka pendek (di masa pandemi Covid-19) maupun jangka panjang. Melalui fitur Sekolah, guru bisa mengajar dengan pengalaman yang sama seperti di ruang kelas, siswa bisa berinteraksi dengan guru sekolahnya, dan sekolah tetap menjadi tempat untuk guru dan siswa melakukan proses belajar mengajar,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Bapak Dedy Ariansyah, Product Manager Kelas Pintar, pada tahap awal, fitur “Sekolah” ini diperuntukkan untuk sekolah-sekolah. “Untuk tahap awal, diberikan gratis selama masa pandemi kepada sekolah-sekolah yang sudah menggunakan layanan Kelas Pintar. Ke depannya, tak hanya sekolah, siswa juga bisa langganan paket “Sekolah” langsung jika sekolahnya sudah melakukan kerja sama dengan Kelas Pintar,” katanya.

Dedy Ariansyah, Product Manager Kelas Pintar

Fitur sekolah ini merupakan bagian dari paket reguler Kelas Pintar. Terdapat 6 (enam) menu turunan yang bisa dimaksimalkan oleh guru, siswa, sekolah dan juga orangtua dalam proses belajar mengajar, yakni: Kelas, PR, Project, Tugas, Ujian dan Monitoring.

Baca juga: 6 Menu Fitur Sekolah dari Kelas Pintar

Bapak Uffie mengakui, salah satu kendala dalam menjalankan proses belajar-mengajar secara online adalah masalah bandwidth internet dan perangkat yang tidak mendukung, terutama bagi sekolah-sekolah di beberapa wilayah Indonesia yang terbatas aksesnya.  Untuk mengakomodasi hal ini, lanjutnya, pihak Kelas Pintar akan menjalin kerja sama dengan beberapa pihak, antara lain provider telekomunikasi maupun supplier perangkat elektronik.

“Pekerjaan ini nggak bisa dilakukan oleh Kelas Pintar saja. Untuk internet, kita sudah bekerja sama dengan 3 operator, namun produk ini belum kita luncurkan. Kita juga akan bekerja sama dengan 2 pemain lokal dari sisi perangkat semisal tablet atau komputer,” katanya yang masih belum bisa membocorkan soal kerja sama ini lebih rinci.

Selain fitur dan menu tersebut, Kelas Pintar Regular menyediakan materi pelajaran yang sama dengan apa yang diberikan di sekolah. Baik dari sisi content (sesuai kurikulum) maupun dari sisi jumlah mata pelajaran, yang terdiri dari 8 mata pelajaran untuk kelas 1-3, 10 mata pelajaran untuk kelas 4-6, 7 mata pelajaran untuk kelas 7-9, dan 11 mata pelajaran untuk kelas 10-12.

Untuk bisa mengakses semua kemudahan belajar online dari Kelas Pintar, termasuk dalamnya fitur Sekolah, pengguna bisa berlangganan Paket Sahabat Belajar Online. Ini merupakan paket belajar lengkap yang menggabungkan layanan Kelas Pintar Regular, SOAL dan TANYA Prioritas.

Ada kabar baik! Untuk menyambut Tahun Ajaran 2020/2021, Paket Sahabat Belajar Online bisa didapat dengan harga khusus yaitu Rp 570.000,- untuk paket berlangganan 6 bulan dan Rp 1.000.000,- untuk paket berlangganan 12 bulan.

Harga khusus tersebut bisa diperoleh dengan cara mengakses laman https://promo.kelaspintar.id/promo/sahabatbelajaronline atau download aplikasi Kelas Pintar di Google Play Store dan Apple Apps Store, lalu pilih menu berlangganan dan pilih Paket Kelas Pintar Regular lalu masukkan kode voucher: COMBOSBO6 (untuk 6 bulan) atau COMBOSBO12 (untuk 12 bulan).

Kelas Pintar juga menyediakan opsi free trial bagi Sekolah yang ingin menggunakan solusi belajar online Kelas Pintar, cukup dengan mengirimkan email ke sales@kelaspintar.id.

(Foto: Istimewa)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *