Hanya dalam hitungan hari, kita akan memasuki bulan Ramadan. Bulan suci yang penuh keberkahan dimana kebaikan sekecil apa pun akan dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT. Sama seperti tahun lalu, Ramadan kali ini pun masih harus kita jalani dalam kondisi pandemi. Tak hanya di Indonesia, tapi juga di negara-negara lainnya.

Meski demikian, hal itu tidak menghalangi langkah ACT/Aksi Cepat Tanggap (Lembaga Kemanusiaan) untuk terus mengajak kepada kebaikan. Nah, menyambut bulan Ramadan kali ini mereka pun menggaungkan “Ramadan 2.0: Aksi Tanpa Batas”, melalui berbagai kegiatan yang diharapkan bisa memberikan solusi pada berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di negara lainnya yang membutuhkan pertolongan seperti Palestina, Rohingya, Yaman, dan lain sebagainya.

Lewat Ramadan 2.0: Aksi Tanpa Batas ini, salah satu fokus ACT adalah memenuhi kebutuhan pangan masyarakat melalui Gerakan Sedekah Pangan Ramadan. Mengajak masyarakat ikut terlibat dalam menyebarkan program-program pangan ACT dan Global Wakaf yang ditujukan untuk menciptakan ketahanan serta kedaulatan pangan bangsa.

“Gerakan Sedekah Pangan Ramadan akan menjadikan sedekah sebagai komponen utama gerakan kebaikan tersebut. Sedekah merupakan solusi besar serta modal membangun peradaban yang lebih baik,” tandas Bapak Ibnu Khajar, Presiden ACT. “Allah selalu menyeru besarnya pahala memberi pangan ke orang lain. Dan, ACT menghadirkan gerakan ini dengan mengajak masyarakat untuk bersedekah sebagai bahan bakar kebaikan yang akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas, khususnya selama Ramadan di tahun istimewa kedua ini karena hadirnya pandemi,” tambahnya.

Menurut Bapak Ibnu, kita harus memulai sedekah dengan yang ada. “Jangan menunggu siap dulu, baru kita bantu orang lain. Aksi tanpa batas ini kita gaungkan. Kita kunjungi orang-orang yang sedang berduka, para petani yang sudah lama tidak menanam, para peternak, para pedagang, dan lainnya. Relawan-relawan kita dengan motor dan mobil bergerak mencari orang-orang yang tidak punya makanan, kita lakukan 24 jam. Mari kita undang keberkahan langit dengan aksi memakmurkan bumi. Bersedekah yang baik adalah sedekah di pagi hari karena akan didoakan malaikat. Kita lakukan gerakan sedekah harian Ramadan pada pukul 6-8 pagi, mulai 10 ribu rupiah,” ajak Bapak Ibnu.

Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *