JAKARTA, majalahjustforkids.com – Digitalisasi UMKM terus digerakkan seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat untuk mencari produk hingga belanja di platform digital.

Platform digital, TikTok, turut mendorong percepatan digitalisasi ini dengan melanjutkan program #MajuBarengTikTok yang diluncurkan bertepatan dengan Hari UMKM Nasional (12/8).

Sebagai bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia yang diluncurkan beberapa waktu lalu, #MajuBarengTikTok kali ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif guna terus memberdayakan UMKM lokal melalui program edukasi selama hampir satu tahun, yang akan mengasah keterampilan digital dan pemanfaatan ekosistem TikTok, guna membantu UMKM maju dan tumbuh bersama TikTok.

Program #MajuBarengTikTok sejalan dengan salah satu prioritas pemerintah untuk membawa 30 juta pelaku UMKM ke platform lokapasar pada tahun 2023 mendatang.

“Di era digital, para pelaku UMKM diharapkan bukan hanya masuk ke platform digital, tapi juga bisa aktif memanfaatkan kekuatan yang ditawarkan platform digital. Hal ini sejalan dengan salah satu pilar yang kami usung, yaitu Gaspol atau garap semua potensi online. Program pelatihan selama hampir satu tahun yang disajikan di #MajuBarengTikTok diharapkan dapat membekali para UMKM dengan kemampuan dan keterampilan digital untuk memaksimalkan potensi online dari ekosistem TikTok,” ujar Ibu Martini M Paham, Direktur Komunikasi Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), Republik Indonesia.

Program #MajuBarengTikTok yang bertujuan agar UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan bisnisnya ini, akan berlangsung sepanjang tahun.

Program ini akan dibagi ke dalam berbagai periode, serta tersedia dalam format online dan offline di berbagai kota di Indonesia agar memiliki cakupan nasional.

Topik yang akan dibagikan di program tahun ini meliputi tiga fokus, yaitu TikTok LIVE dan kolaborasi bersama kreator, TikTok Shop untuk mengembangkan performa penjualan, serta TikTok For Business untuk membantu UMKM menjangkau target audiens melalui strategi pemasaran dan cara beriklan tepat guna di TikTok.

Pendaftaran program #MajuBarengTikTok resmi dibuka pada tanggal 12 Agustus 2022 dan dapat diikuti oleh UMKM di Indonesia secara gratis. Kelas pertama #MajuBarengTikTok akan dimulai pada bulan September 2022.

“Program #MajuBarengTikTok dirancang untuk membantu pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan sumber daya dari ekosistem TikTok untuk mengembangkan usaha mereka secara optimal, mulai dari TikTok LIVE, TikTok Shop, hingga TikTok For Business. Kami mengapresiasi dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh Kemenparekraf untuk bersama-sama memberdayakan UMKM lokal melalui program penyuluhan terpadu ini. Sebagai salah satu kekuatan ekonomi di negeri, berdayanya UMKM Indonesia juga dapat membantu Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat memasuki masa endemi,” ujar Bapak Pandu Nitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia.

Selain program #MajuBarengTikTok, TikTok juga menyelenggarakan program TikTok Shop Seller Conference kedua pada Hari UMKM Nasional.

Selain menyediakan materi dan penyuluhan terkait TikTok Shop untuk para seller, acara ini juga menyediakan kesempatan bagi seller, kreator, dan pengguna untuk bertemu dan berkolaborasi dalam bisnis mereka di TikTok Shop.

Kedua program ini menjadi bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia dalam rangka merayakan HUT RI ke-77 untuk membantu Indonesia pulih dan bangkit lebih cepat.

Bersama TikTok, Kemenparekraf/Baparekraf juga mengajak masyarakat Indonesia untuk terus memberikan apresiasi dan dukungan kepada produk kreatif lokal melalui laman web berikut ini.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai program #MajuBarengTikTok termasuk formulir pendaftaran untuk tahun ini, silakan kunjungi www.MajuBarengTikTok.com.

Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *