SEMARANG, majalahjustforkids.com – Blibli, bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) melalui program Djarum Trees for Life (DTFL) dan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana (BBWS) melakukan #AksiCintaBumi terbarunya melalui penanaman 3.000 bibit mangrove Sejati dengan jenis rhizophora yang berlokasi di Banjir Kanal Timur, Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah, sejalan dengan momen Hari Menanam Pohon Indonesia pada 28 November.

Penanaman bibit ini merupakan hasil dari pengumpulan 30.000 kardus kemasan bekas yang telah dikembalikan para pelanggan melalui armada pengiriman BES Paket dan tempat pengumpulan kardus (collection boxes) Blibli Cinta Bumi yang tersebar di beberapa titik di Jabodetabek selama periode 2021–2022.

“Bisnis berkelanjutan merupakan salah satu fokus Blibli dalam menjaga kelangsungan bisnis dan lingkungan, dimana keduanya harus berjalan secara beriringan. Kami memberikan apresiasi atas kepedulian setiap penggiat ekosistem kami dalam mengembalikan kemasan. Tahun ini kami mencatat 3x peningkatan volume kardus yang dikumpulkan, sehingga tahun ini kita bisa menanam 3.000 bibit mangrove di bantaran muara banjir kanal timur, Semarang,” ujar Ibu Lisa Widodo, COO dan Co-Founder Blibli.

Dalam #AksiCintaBumi kali ini, Blibli dan Djarum Foundation bersama-sama memperkuat keberadaan hutan mangrove. Di hutan mangrove, bakau biasanya tumbuh di bagian paling depan yang berhadapan dengan laut. Bakau Sejati dengan genus rhizophora memiliki akar tunjang yang tumbuh menyembul dari batang bawah. Akar tersebut berfungsi untuk memperkokoh cengkeraman pohon agar tidak rebah.

Pohon bakau bisa tumbuh di lingkungan dengan kadar garam tinggi, terendam air, tanah berpasir, dan sedimen lumpur. Akar bakau memiliki kelenjar khusus yang bisa menyaring garam dari air laut.

Sebagian garam juga dibuang melalui daun-daun tua yang digugurkan. Hal ini menjadikan peranan bakau dapat membantu stabilitas dan mencegah erosi atau abrasi yang memiliki peran penting bagi ekosistem.

“Tahun ini merupakan tahun kedua dari kerja sama antara Djarum Foundation dan Blibli. Sungguh sebuah kebanggaan bisa kembali melaksanakan #AksiCintaBumi bersama Blibli, terlebih tahun ini kita berhasil menanam lebih banyak bibit mangrove. Terus merawat dan menjaga lingkungan dengan menanam pohon juga sejalan dengan visi dan misi besar kami untuk bisa menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk kita tinggali. Makin banyak pihak yang peduli dan bergerak untuk lingkungan, maka diharapkan bumi kita akan menjadi lebih baik, karena sejatinya kita lah yang membutuhkan alam,” kata Bapak FX Supanji, VP Director of Djarum Foundation.

Blibli Cinta Bumi Menjadikan Pengalaman Belanja Online Lebih Ramah Lingkungan

#AksiCintaBumi merupakan semangat dan perwujudan dari Blibli Cinta Bumi, kampanye peduli lingkungan dari Blibli yang mengedukasi pentingnya menjalankan gaya hidup yang mendukung keberlangsungan lingkungan, termasuk dalam berbelanja online.

Lewat kampanye tersebut juga, Blibli menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang menjalankan inisiatif ramah lingkungan.

Sejak dijalankan pada 2020, Blibli Cinta Bumi mulai menggalakkan #AksiCintaBumi dengan mengajak pelanggan dan karyawan untuk mengumpulkan plastik dan kardus bekas yang dihasilkan dari kegiatan belanja online. Pengembalian sampah belanja online dapat dilakukan lewat kurir BES saat mengantar barang atau lewat Blibli Cinta Bumi Collection Boxes yang tersebar di berbagai lokasi.

Setiap 10 kemasan bekas yang telah dikumpulkan oleh Blibli dikonversikan menjadi 1 (satu) bibit pohon. Selain program menanam pohon sebagai komitmennya dalam mendukung pilar lingkungan dalam ESG, di tahun 2022 ini Blibli meluncurkan kampanye Langkah Membumi, sebagai fase lanjutan dalam penerapan ekonomi sirkular.

Di mana kemasan bekas dan plastik yang dikembalikan pelanggan didaur ulang (upcycle) oleh Blibli dengan menggandeng social enterprise, komunitas dan pengrajin sehingga menghasilkan produk baru yang unik, berkualitas, dan memiliki nilai jual. Menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk menerapkan gaya hidup lebih ramah lingkungan, Blibli juga secara resmi meluncurkan Blibli Cinta Bumi Hub sebagai laman utama kurasi produk eco-conscious di aplikasi dan situs resmi Blibli.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *