Waaa… hari ini Hari Anak Nasional, lho! Ya, setiap tanggal 23 Juli, kita memperingati Hari Anak Nasional. Nah, dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional dan mendukung misi Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (KPPPA) serta membantu menstimulasi 5 dimensi yang dapat mendukung tumbuh kembang optimal anak di usia Toddler (1-3 tahun) dan Prasekolah (3-5 tahun), NESTLÉ DANCOW Nutritods mengadakan acara virtual peluncuran ‘Dongeng Aku Dan Kau’  pada hari Selasa, 21 Juli 2020 kemarin.

Peluncuran kompilasi 15 cerita rakyat terbaru Dongeng Aku Dan Kau ini merupakan kelanjutan inisiatif yang dimulai pada tahun 2019 lalu, guna mendukung para orangtua di Indonesia dalam memberikan stimulasi yang tepat bagi anak-anak, melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan dan interaktif seperti mendongeng. Melalui produk NESTLÉ DANCOW Nutritods dan Dongeng Aku Dan Kau, Nestlé Indonesia berkomitmen untuk mendukung tumbuh kembang optimal setiap anak Indonesia dengan nutrisi, stimulasi, dan cinta Ayah Bunda.

“Pada Hari Anak Nasional yang tahun ini terjadi di tengah pandemi COVID-19, kami ingin mengajak para orangtua untuk merayakannya dengan anak-anak melalui aktivitas mendongeng. Dengan membaca dongeng bersama atau bahkan menciptakan aktivitas sederhana yang terinspirasi dari dongeng yang dibacakan, maka ikatan orangtua dan anak akan bertambah erat,” sambut Bapak Ganesan Ampalavanar, Presiden Direktur NESTLÉ Indonesia.

Ganesan Ampalavanar, Presiden Direktur NESTLÉ Indonesia

Dancow yang telah hadir di Indonesia sejak 66 tahun lalu, selalu berusaha untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia secara optimal. “Lewat nutrisi, stimulasi, dan cinta, saya yakin anak-anak Indonesia menjadi generasi Emas di masa yang akan datang. Untuk itulah kami hadirkan kembali seri dongeng Aku Dan Kau sebagai tool bagi Ayah dan Bunda untuk menstimulasi dan bonding dengan anak-anak di rumah. 15 dongeng Aku Dan Kau, terbagi 3 kategori yaitu 1-3 tahun, 3-5 tahun, dan 5 tahun. Kami hadirkan dongeng dari berbagai daerah di Indonesia seperti misalnya; Kasuari dan Dara Makota dari Papua, Si Bungsu dan Burung Kenui dari Lampung, dan Si Kelingking dari Jambi. Ada pula kartu dongeng yang bisa didapatkan di setiap kemasan produk Dancow dan versi digital terbaru yang seru yaitu Augmented Reality dimana kita bisa berkenalan secara langsung dengan tokoh-tokoh karakter yang ada di dongeng tersebut. Dan ada juga online website Dancow Parenting Center. Nah, tak hanya itu, untuk bekal mendongeng, kami berikan juga topeng kancil, kura-kura, monyet, dan lain sebagainya,” tambah Ibu Pritha, VP Category Marketing Manager Nestlé DANCOW Susu Pertumbuhan.

Pritha, VP Category Marketing Manager Nestlé DANCOW Susu Pertumbuhan

Kalian pasti suka mendengarkan dongeng, kan? Ya, mendongeng pun ternyata memiliki banyak manfaat, lho! Menurut Psikolog Klinis dari Nutritods Council Expert, Dra. Ratih Ibrahim, M.M., banyak penelitian menunjukkan bahwa pada masa Toddler dan Prasekolah, lima dimensi kemampuan anak, yaitu Kesehatan, Kognitif, Motorik, Bahasa, dan Sosialisasi berkembang pesat. “Melalui kegiatan mendongeng, Bunda dan Ayah dapat menstimulasi daya imajinasi dan daya berpikir kritis, mengembangkan berbagai kosa kata baru, menumbuhkan empati, sambil membangun ikatan emosional yang hangat dengan anak,” ucap Ibu Ratih.

Psikolog Klinis dari Nutritods Council Expert, Dra. Ratih Ibrahim, M.M.

Banyak manfaat dari mendongeng juga diakui oleh para Bunda inspiratif yaitu Bunda Intan Nuraini dan Bunda Meisya Siregar. “Mendongeng dengan kumpulan cerita Dongeng Aku Dan Kau sangat menginspirasi saya untuk semakin bersemangat dalam mengajak anak saya agar semakin kreatif dan imajinatif meskipun kami tetap di rumah saja. Dengan dongeng, kita bisa mulai memperkenalkan berbagai macam karakter baik dan tidak baik kepada anak. Di samping itu, di akhir dongeng, kita juga bisa membicarakan secara terbuka mengenai pesan moral positif dan karakter-karakter apa saja yang perlu dihindari bersama anak,” ujar Bunda Meisya.

(Ki-Ka): Sophia Tobing (Moderator), Bunda Meisya Siregar, dan Bunda Intan Nuraini

Lewat mendongeng, Bunda Intan juga mengaku bisa mempererat hubungan dengan sang anak. “Saya kalau mendongeng, benar-benar saya peragakan. Sampai-sampai jika jatuh atau terantuk, saya peragakan sampai bunyi “jedug” gitu. Dan itu membuat anak semakin tertarik untuk mendengarkan,” kata Bunda Intan memberikan tips.

Dalam kesempatan ini, Ariyo Zidni (Kak Aio), pendongeng sekaligus pendiri Ayo Dongeng Indonesia turut hadir dan memberikan dongeng tentang Kancil, Monyet, dan Kura-Kura. Lewat dongeng itu, kita bisa mengambil nilai-nilai pelajaran, Kids. “Kita tidak boleh mengejek dan memandang rendah orang lain, karena setiap makhluk itu punya kelebihannya masing-masing,” ucap Kak Aio.

Ariyo Zidni (Kak Aio), pendongeng sekaligus pendiri Ayo Dongeng Indonesia

Festival Dongeng Aku Dan Kau  

Asyiknya, Dancow juga menggelar rangkaian aktivitas interaktif, lho! Ya, lewat Festival Dongeng Aku Dan Kau yang dilaksanakan mulai 23 Juli 2020 hingga 19 September 2020 secara online di Facebook DANCOW Parenting Center, Instagram @dancow, dan YouTube DANCOW ID. Dimana akan melibatkan komunitas anak-anak dan keluarga binaan KPPPA yang meliputi:

  1. Peluncuran Festival Dongeng Aku Dan Kau pada 23 Juli 2020 pukul 16.00 WIB.
  2. Dongeng Academy yang merupakan program edukasi dan inspirasi untuk orang tua bersama para ahli dan Bunda Inspiratif  melalui Dongeng Kuliah WhatsApp (Kulwap) – sesi diskusi bersama psikolog secara langsung melalui WhatsApp mengenai manfaat dongeng sebagai salah satu bentuk stimulasi bagi Si Buah Hati.
  3. Panggung Dongeng – serial dongeng virtual oleh pendongeng profesional dan para Bunda Inspiratif DANCOW yang dapat disaksikan bersama Si Buah Hati di rumah melalui saluran media sosial DANCOW.
  4. Karnaval Dongeng Aku Dan Kau – Kompetisi foto online dimana Bunda dapat mengunggah fotonya bersama Si Buah Hati saat sedang mendongeng dari Dongeng Aku Dan Kau, dan membagikan manfaat dongeng untuk Si Buah Hati.
Elvi Hendrani, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan, Kreativitas dan Budaya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia

Ibu Elvi Hendrani, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan, Kreativitas dan Budaya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, menyambut baik dukungan NESTLÉ DANCOW Nutritods guna turut mendukung upaya pemenuhan hak anak Indonesia untuk tumbuh kembang yang optimal, khususnya dalam memenuhi hak anak untuk memanfaatkan waktu luang dengan mengembangkan kegiatan yang positif, inovatif, kreatif, dan rekreatif dalam membentuk kepribadian dan karakter diri yang imajinatif, aktif, serta percaya diri.

“Keluarga berperan penting dalam kehidupan dan pembentukan karakter anak, dan apabila anak dalam proses pengasuhan di keluarga sebagai pendidik pertama dan utama mendapat kecukupan nutrisi, kasih sayang, dan stimulasi yang baik, maka anak akan tumbuh optimal dengan karakter yang positif sehingga akan mendukung generasi Emas Indonesia pada 2045,” tutup Ibu Elvi.

Foto: Istimewa, Novi

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *