Kalian pasti kenal nama Albert Einstein, Alexander Graham Bell, Isaac Newton, bukan? Ya, mereka adalah beberapa ilmuwan (scientist) terkenal di dunia. Agar bisa seperti mereka, yuk, cintai sains sejak sekarang!

Sayangnya, Indonesia masuk ke dalam sepuluh negara berperingkat terendah dalam kemampuan di bidang sains, literasi, dan matematika. Dan, hanya satu dari tujuh siswa di Indonesia yang tertarik untuk berkarir di bidang sains. Hal ini dinilai dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya ketidakrataan pendidikan dan kesempatan yang diterima oleh para siswa.

Berangkat dari hal itu, Merck Indonesia mengajak 90 siswa SDN 05 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, untuk mengenal sains lebih dekat melalui SPARK dengan tema “Science is Fun” di Pusat Peragaan IPTEK Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, (Selasa, 21/11/17). SPARK merupakan bagian dari program tanggung jawab perusahaan yang diadakan sejak tahun 2015 dengan melibatkan para karyawan yang secara sukarela terjun langsung.

Teman-teman antusias mencoba setiap alat peraga di PP IPTEK TMII (Foto: Efa/JFK)

 

Dalam kegiatan ini, teman-teman dari SDN 05 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, diajak mengikuti beragam aktivitas menarik seperti pertunjukan ilmiah,  perlombaan sains antar-kelompok, dan kelas inspirasi. Wah, teman-teman sangat antusias, Kids. Pada sesi ‘science show’, mereka mengamati dengan penuh keingintahuan yang tinggi, bagaimana balon bisa mengembang tanpa ditiup dan akhirnya meledak, misalnya. Atau, pada kelas inspirasi, teman-teman akhirnya paham bahwa kedua benda (yang berbeda berat) yang dijatuhkan secara bersamaan dengan ketinggian yang sama, pada akhirnya akan jatuh ke bumi secara bersamaan pula. Dan, masih banyak ilmu maupun percobaan sains lainnya.

Serius menyimak dalam kelas inspirasi (Foto: Efa/JFK)

Tak kalah menariknya, teman-teman bisa ikut mencoba semua peragaan yang tersedia di PP IPTEK. Mulai dari mirror maze alias cermin labirin, lorong ilusi, gelombang tsunami, rumah gempa, laser trap, dan sebagainya. Kakak-kakak sukarelawan dari Merck yang menjadi instruktur tampak ikut mendampingi dan menjelaskan setiap peraga yang telah dicoba oleh teman-teman. Seru, deh!

“Aku paling suka sama lorong ilusi. Seru dan berwarna-warni. Cantik…” ujar Najwa Kulsum (11 tahun), siswa kelas 5 SDN 05 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur. “Kalau aku paling suka saat masuk ke mirror maze. Aku tertantang untuk cari jalan keluar dan untuk tidak menabrak kaca. Terus, aku juga senang saat instruktur ngajarin cara berhitung cepat. Semoga aku jadi tambah pintar Matematika,” timpal Mazka Maulana (10 tahun), kelas 5 SDN 05 Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Lewat program SPARK: Science in Fun, diharapkan siswa bisa mengembangkan pengetahuan sains mereka. “Kami ingin memperkenalkan sains dengan cara mudah dan menyenangkan. Harapannya, anak-anak tidak menganggap sains itu sebagai momok atau ilmu yang menakutkan, melainkan berbalik mencintai sains sejak dini,” tutup Ibu Melisa Sandrianti, Corporate Communication Manager PT Merck Tbk. (Efa)

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *