Kabar bahagia untuk kita semua. Rumah Singgah Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC) kini juga hadir di Kota Denpasar, Bali. Rumah Singgah merupakan tempat yang diperuntukkan bagi keluarga dan pasien anak dengan penyakit kronik seperti kanker ataupun penyakit lainnya, yang sedang menjalani pengobatan di Rumah Sakit.

Adapun Yayasan RMHC adalah organisasi non-profit yang didirikan pada tanggal 14 Februari 2011 di Indonesia, yang berfokus pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di Indonesia dengan jaringan global di 62 negara. Memiliki tiga program utama yaitu; Ronald McDonald Care Mobile (RMCM) merupakan mobil klinik kesehatan berjalan yang mendukung program peningkatan kesehatan anak-anak di daerah-daerah yang belum mendapatkan imunisasi yang cukup, Ronald McDonald Family Room (RMFR) merupakan ruang tunggu sementara dengan fasilitas nyaman untuk keluarga pasien anak selama menunggu pemeriksaan di rumah sakit, dan Ronald McDonald House (RMH) merupakan rumah singgah yang diperuntukkan bagi keluarga dan pasien anak dengan penyakit kronik yang sedang menjalani pengobatan di Rumah Sakit.

Rumah Singgah Ronald McDonald House di Bali yang berlokasi di Jl. Diponegoro Gg Pertani Dauh Klod, Denpasar Barat, Bali adalah yang ketiga dan merupakan Rumah Singgah pertama yang dibangun di luar Pulau Jawa.

Sebelumnya, Yayasan RMHC sudah memiliki 2 Rumah Singgah, berada di DKI Jakarta tepatnya di Jl. Kana Lestari No. 24 Lebak Bulus, Jakarta Selatan dimana memiliki fasilitas 8 kamar tidur yang bekerja sama dengan RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan. Kemudian Rumah Singgah di Lt.8 Gedung PKIA Kiara RSUP dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat dengan fasilitas 12 kamar tidur. Kedua Rumah Singgah Ronald McDonald House ini dilengkapi dengan ruang makan, dapur, ruang bermain, dan perpustakaan. Melalui dua Rumah Singgah Ronald McDonald House di Jakarta, Yayasan RMHC telah melayani lebih dari 900 keluarga pasien anak yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dan tepatnya, Kamis 9 September 2021, Rumah Singgah Ronald McDonald House Denpasar
dari Yayasan Ronald McDonald House Charities siap beroperasi dan menerima keluarga pasien
anak yang sedang menjalani pengobatan di Rumah Sakit di sekitar kawasan Denpasar, Bali seperti RSUP Sanglah Bali, RSU Prima Medika Denpasar, RSU Surya Husadha Denpasar, dan RSUD Bali Mandara. Yayasan RMHC memilih Bali sebagai lokasi penambahan program dikarenakan Bali merupakan rujukan terbesar bagi pasien-pasien yang berasal dari Indonesia bagian Timur.

Rumah Singgah Ronald McDonald House tersebut terdiri dari 4 lantai dengan 25 kamar tidur, ruang keluarga, dapur, ruang makan, ruang mencuci, perpustakaan, entertainment area, dan tempat bermain anak dengan luas bangunan 479.9 meter persegi.

Pembukaan Ronald McDonald House Denpasar ini disambut baik oleh dr. Ketut Suarjaya,
MPPM, Direktur Utama RSUD Bali Mandara juga selaku Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Bali. “Saya sangat mengapresiasi hadirnya Rumah Singgah Ronald McDonald House di Denpasar. Semoga ini menjadi satu solusi yang baik, yang bisa membantu para pasien anak dan keluarganya yang sangat membutuhkan,” ucapnya.

“Kami berharap dengan dibukanya Rumah Singgah Ronald McDonald House di Denpasar Bali, para orang tua yang sedang menemani buah hati mereka dalam menjalani pengobatan, dapat merasa nyaman karena dapat selalu berdekatan dengan putra-putri mereka sehingga dapat lebih fokus pada proses pengobatannya. Selain itu, kehadiran Rumah Singgah kami di Bali ini juga dapat memberikan manfaat bagi lebih banyak keluarga pasien anak di Indonesia Timur, yang berarti Yayasan RMHC menambah jangkauan bantuannya di wilayah ini. Kami menghaturkan terima kasih untuk kerja sama dan kepercayaan yang diberikan oleh mitra-mitra Rumah Sakit serta atas dukungan dari para donatur termasuk para pelari Team RMHC 2019 pada ajang New York Marathon, sehingga pembangunan rumah singgah Ronald McDonald House dapat terwujud dan resmi beroperasi,” ujar Ibu Caroline Djajadiningrat, Ketua Yayasan RMHC.


Sebelum mulai dibukanya Rumah Singgah Ronald McDonald House Denpasar telah dilakukan upacara persembahyangan Melaspas, agar keberadaan dan operasional Rumah Singgah Ronald McDonald House Denpasar dapat berjalan dengan lancar, aman, dan bermanfaat bagi keluarga pasien anak. Aamiin..

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *