Berkirim surat melalui jasa pos, terdengar agak jadul, ya, Kids? Hehe… Tapi, ada, lho, barang pos yang masih banyak dikoleksi orang. Yaitu perangko. Bagaimana, ya, awal mula ditemukannya perangko?

Dikisahkan, suatu hari, seorang laki-laki asal Inggris bernama Rowland Hill, melihat tukang pos mengantarkan surat pada seorang gadis. Namun, setelah mengamati surat tersebut, gadis itu malah mengembalikan suratnya pada sang tukang pos. Gadis itu juga menolak melunasi biaya pengiriman surat, dengan alasan tak memiliki uang. Rowland Hill lalu mendekati si gadis dan bertanya mengenai kejadian tersebut.

Ternyata, jawaban si gadis agak mengejutkan. Surat tersebut adalah surat dari kekasihnya. Dalam surat itu terdapat tanda-tanda yang hanya bisa dibaca oleh mereka berdua. Jadi, tanpa membuka surat tersebut, si gadis telah mengetahui pesan yang terdapat dalam surat. Hingga ia tidak perlu menerima surat dan membayar biaya pengirimannya. Hal ini membuat Rowland khawatir jika kejadian itu terulang lagi dan membuat rugi tukang pos.

Perangko Pertama

Akhirnya, pada 1 Mei 1840, Rowland Hill memperkenalkan perangko di Inggris. Itulah yang membuat sampai saat ini, negara Inggris mendapat perlakuan khusus. Yaitu, Inggris tidak perlu menuliskan nama negaranya di atas perangko, seperti halnya perangko dari negara lain.

Perangko pertama di Inggris ini bergambar Ratu Victoria dengan harga satu penny. Karena dicetak dengan tinta hitam, perangko ini dikenal juga dengan The Penny Black.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *