Pasti kamu tau, kan, benda apa yang sering dibawa oleh Detektif Titus? Ya, benda itu adalah kaca pembesar. Sepotong kaca itu memang ajaib, ya! Ketika digunakan untuk melihat benda-benda kecil, maka ukuran benda yang kita lihat itu akan menjadi lebih besar.

Potongan kaca ajaib alias kaca pembesar ternyata diciptakan oleh seorang sarjana asal Inggris bernama Roger Bacon. Pria yang lahir di kota Lichester, Inggris pada tahun 1214 M ini dikenal sebagai Doktor Mirabilis atau guru yang mengagumkan.

Bacon memang orang yang cerdas. Awalnya, ia berkata bahwa sepotong kaca sebenarnya bisa digunakan untuk melihat benda-benda kecil.

Bacon pernah kuliah di Universitas Oxford, Inggris. Bahkan, setelah memperoleh gelar Master, ia juga mengajar di kampus yang sama. Bacon banyak memberikan kuliah tentang ajaran Aristoteles.

Melalui buku yang ditulisnya, Bacon menjelaskan penemuannya tentang alat-alat optik, termasuk kaca pembesar dan kacamata. “Alat-alat ini sangat bermanfaat untuk orang-orang tua dan orang-orang yang memiliki kelemahan pada penglihatan,” kata Bacon. Bacon memang berjasa untuk penemuan kacamata pada tahun-tahun berikutnya.

Bacon meninggal sekitar tahun 1294. Jasa-jasanya sangat berguna bagi kita, kan? Termasuk bagi Detektif Titus untuk menyelidiki kasus…

Ilustrasi: Agung

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *