Sekilas, nama RISHA mirip dengan nama perempuan ya. Tapi RISHA yang satu ini bukanlah seorang perempuan, melainkan singkatan dari Rumah Instan Sederhana Sehat. Lalu, apa hebatnya rumah bernama RISHA ini? Mmm… Ternyata banyak lho kehebatan dari RISHA.

Seperti Lego
RISHA merupakan rumah yang dibangun dari bagian-bagian yang bisa dibongkar pasang. Bingung?! Kalau bingung, mungkin pembangunan rumah ini bisa disamakan dengan permainan Lego. Dalam permainan Lego, tiap bagian lego akan disambung dengan bagian lego lainnya supaya menjadi sebuah bentuk orang, rumah ataupun mobil.
Nah, cara membuat RISHA memang mirip Lego. Tiap bagian penyusun rumah, cuma disambung dengan menggunakan baut. Beda halnya dengan rumah pada umumnya yang harus menggunakan sistem pengecoran. Hebatnya lagi, proses pembuatan RISHA tergolong murah dan cepat, lho. Per meter persegi, kita cukup merogoh kocek Rp 500 ribu. Proses pembangunannya juga cukup dilakukan sehari saja. Wah, cepat ya?! Selain itu, rumah ini juga bisa dipindahkan dengan mudah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Karya Indonesia
Masih ada lagi kehebatan lainnya. RISHA juga ternyata tahan terhadap gempa. Bahkan, RISHA bisa kokoh berdiri menahan gempa berkekuatan 8 Skala Richter! Kalau rumah lainnya bisa ambruk saat terjadi gempa, maka RISHA akan tetap berdiri kokoh. Karena bahan-bahan dan teknik penyambungannya khusus dibuat agar mampu tahan terhadap gempa.Tak heran, RISHA banyak digunakan di daerah Yogyakarta, Aceh, dan Padang. Karena daerah-daerah tersebut sangat rentan terhadap gempa. Kita patut berbangga hati nih, karena RISHA merupakan karya dari peneliti asli Indonesia. (JFK/DRW Foto: Istimewa)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *